Anti Gabut! Kamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji Alpukat

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 18:00 WIB
Kamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji Alpukat Foto: TikTok Hipfinn
Jakarta -

Selain penuh dengan tren aneh dan resep masakan, TikTok juga penuh dengan tutorial unik seperti warnai baju pakai biji alpukat.

Mewarnai baju dengan biji alpukat mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Tapi lewat video TikTok yang diunggah oleh pengguna @hipfinn, biji alpukat bisa digunakan sebagai pewarna baju alami yang keren.

Baca Juga: Wouw! Alpukat Langka Ini Punya Panjang Hampir Semeter

Kamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji AlpukatKamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji Alpukat Foto: TikTok Hipfinn



Dilansir dari Mirror UK (30/06), Hipfinn menjelaskan betapa mudahnya mengubah warna baju menggunakan alpukat yang langsung viral di TikTok. Wanita ini menjelaskan bahwa biji alpukat bisa mengeluarkan warna pink muda yang bagus untuk pakaian.

Tak perlu gunakan alpukat utuh, cukup simpan biji alpukat setelah dan daging alpukatnya bisa dimakan seperti biasa. Agar warna baju lebih cerah minimal gunakan tiga biji alpukat untuk mewarnai satu baju. Semakin banyak biji alpukat yang digunakan maka semakin pekat warna bajunya.

Pertama cuci bersih biji alpukat kemudian masukkan ke dalam panci berisi air dan rebus hingga mendidih jangan lupa tutup panci agar prosesnya lebih cepat. Setelah warna air berubah matikan api dan diamkan selama satu malam penuh.

Kamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji AlpukatKamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji Alpukat Foto: TikTok Hipfinn



Setelah itu gunakan sarung tangan dan masukkan baju atau pakaian lainnya yang akan diwarnai ke dalam panci. Rendam pakaian itu dan pastika semua bagiannya sudah terendam dengan sempurna. Diamkan baju di dalam panci selama 8 jam.

Lalu langkah terakhirnya ditutup dengan membilas pakaian yang sudah diwarnai kemudian cuci sebentar ke dalam mesin cuci, ketika sudah kering warna pink ini akan terlihat di pakaian dan warnanya cantik seperti menggunakan pewarna tekstil.

Video tutorial ini ditonton lebih dari 6,2 juta orang dan disukai lebih dari 762 ribu pengguna termasuk 3 ribu komentar yang beragam.

Kamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji AlpukatKamu Bisa Warnai Baju Pakai Biji Alpukat Foto: TikTok Hipfinn



"Suka sekali! Pewarna pakaian yang alami, sangat keren!" puji seorang netizen.

"Saya tidak menyangka warna akhirnya akan secantik ini, benar-benar alpukat merupakan hadiah bagi kita yang terus memberikan keajaibannya," puji netizen lainnya.

Sementara banyak juga netizen yang menyarankan untuk menggunakan pakaian berbahan kain alami atau natural fabrics, karena jika menggunakan kain sintesis lain warna alami dari alpukat tidak akan menempel.

Baca Juga: Begini Tampilan Avozilla, Alpukat Raksasa Seberat 1,7 Kg Per Buahnya



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)