Bisnis Kuliner Online

Penjualan Produk Makanan UKM Online Meningkat Selama Pandemi Corona

Devi Setya - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 12:30 WIB
Bazar pangan UMKM yang menghadirkan pelaku usaha kuliner makanan dan minuman digelar di rest area KM 72 Tol Cipularang. Foto: pool
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online
Jakarta -

Pandemi corona secara tidak langsung membuat penjualan produk kuliner meningkat. Menurut Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, para pemilik UKM ikut kebanjiran order.

Lewat diskusi yang digelar secara virtual, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan para pengusaha kuliner mengalami kenaikan omset di tengah pandemi corona. "Penjualan UKM meningkat setelah ada kebijakan PSBB dan WFH selama pandemi corona. Orang akhirnya belanja lewat online," kata Teten.

Diskusi bertajuk Resep UMKM Kuliner Bangkit Bersama GoFood yang diadakan pada 29 Juni ini juga menghadirkan Catherine Hindra Sutjahyo selaku Cief Food Officer Gojek Group, Dodi Sandra selaku Mitra UMKM GoFood pemilik Pempek Pistel Kiarin, Arnold Poernomo selaku praktisi kuliner dan Fiki Satari selaku staf khusus Menteri Koperasi dan UKM.

umkm gofoodumkm gofood Foto: webinar GoFood


Baca juga : Rahasia Bisnis Kuliner Online yang Laris di Tengah Corona


Menteri Teten menyanbut baik dengan adanya peningkatan penjualan dari para pengusaha kuliner skala rumahan. Namun ia juga menyayangkan karena masih sedikit yang berjualan dengan sistem online.

"Sayangnya hanya 13 persen yang masuk ke marketplace online. Sisanya masih offline," lanjut Teten.

Dalam kesempatan ini juga Teten menyarankan para pengusaha UKM untuk berani berinovasi agar tidak kalah dengan pengusaha besar. Inovasi lewat produk, kemasan dan pemasaran sangat penting dilakukan agar bisnis tetap berjalan.

Kejasama dengan platform online juga dibutuhkan agar penjualan semakin berkembang lebih luas dengan target yang tentunya lebih besar pula.

"Packaging dan pengolahan harus terjamin, harus higienis, ada peningkatan standar produk. Hal ini harus kerjasama dengan teman-teman di market online agar makin banyak yang terjun secara online," lanjut Teten.

Agar UMKM Tidak Mati Saat PandemiAgar UMKM Tidak Mati Saat Pandemi Foto: detik


Catherine Hindra Sutjahyo selaku Chief Food Officer Gojek Group mengatakan saat ini sudah ada lebih dari 500 ribu mitra ukm yang tergabung dalam GoFood. Catherine menjelaskan kalau ratusan ribu mitra ini berpotensi untuk dilihat lebih banyak calon pembeli dengan sistem online.

Baca juga : Bisnis Makanan Laris Manis Dengan Trik Ini


"Yang ditawarkan GoFood, memberi kesempatan untuk UKM agar bisa ditemukan oleh pembeli, menerapkan sistem pembayaran yang terstruktur serta memudahkan proses distribusi dari penjual ke pembeli," beber Catherine.

Kedepannya, Catherine berharap agar semakin banyak mitra UKM yang bergabung dengan GoFood agar bisa mendapatkan banyak keuntungan lewat penjualan online. Menteri Teten Masduki juga menyambut baik hal ini agar para pelaku UKM bukan hanya bisa bertahan tapi juga berkembang.



Simak Video "Raffi Ahmad Jadi Duta UMKM Gegara Sering Review Makanan di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Bisnis Kuliner Online