5 Manfaat Ampas Kopi untuk Kesuburan Tanaman

Riska Fitria - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 10:30 WIB
Manfaat ampas kopi untuk tanaman Manfaat ampas kopi untuk tanaman Foto: iStock
Jakarta -

Jangan dibuang! ampas kopi bekas seduhan masih bisa dimanfaatkan untuk pertumbuhan tanaman. Bisa sebagai pupuk hingga pengusir hama alami.

Manfaat kopi tidak hanya pada air seduhannya saja. Ampas kopi bekas seduhan pun memiliki sederet manfaat yang tak terduga. Meskipun sudah menjadi ampas tetapi kandungan nutrisi tidak berkurang. Salah satunya dapat dimanfaatkan untuk pertumbuhan tanaman.

Cara memakai ampas kopi pada tanaman juga terbilang mudah. Kamu hanya memerlukan ampas kopi atau endapan kopi bubuk yang tersisa di dasar teko atau gelas. Cukup ditaburkan ke dalam tanah yang ditumbuhi tanaman untuk dijadikan sebagai pupuk. Selain mampu menyuburkan tanaman juga mengusir hama yang mengganggu.

Selain itu, juga dapat menyehatkan kehidupan cacing di dalam tanah yang berpengaruh pada kesuburan tanaman. Tak hanya subur, ampas kopi juga dapat membuat warna daun dan bunga pada tanaman menjadi lebih pekat sehingga terlihat lebih cantik.

Nah, bagi kamu yang ingin membudidayakan jamur, kamu juga bisa memanfaatkan ampas kopi. Dilansir dari Coffee or Die (26/06) berikut 5 manfaat ampas kopi untuk kesuburan tanaman.

1. Ampas Kopi untuk pupuk

Manfaat ampas kopi untuk tanamanManfaat ampas kopi untuk tanaman Foto: iStock

Biji kopi mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk memelihara tanaman, seperti protein, nitrogen, karbohidrat kompleks, fosfor, kalium, magnesium dan tembaga. Karenanya ampas kopi dapat dimanfaatkan untuk pemupukan.

Bubuk kopi dapat mempertahankan nutrisi tersebut meskipun sudah menjadi ampas kopi. Bahkan sifat antioksidannya lebih besar setelah dipanggang. Untuk mengaplikasikan ampas kopi sebagai pupuk tanaman dapat dilakukan dengan mudah.

Ampas kopi bekas seduhan yang tersisa tidak perlu dibilas air. Jadi, kamu bisa langsung menabur ampas kopi di atas permukaan tanah. Kemudian taburkan tanah di atas bubuk kopi. Dengan begitu tanaman akan tumbuh dengan subur.

Manfaat ampas kopi ini juga telah dibuktikan oleh Royal Horticultural Society (RHS). RHS menyebut bahwa ampas kopi dapat meningkatkan tingkat nutrisi sehingga tanaman lebih sehat.

Baca Juga : Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal Ini

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Canadian Lobster Berlumur Saus Salted Egg"
[Gambas:Video 20detik]