Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal Ini

Milla Kurniaputri - detikFood Kamis, 21 Mar 2019 19:40 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Usai menyeduh kopi, sebaiknya ampas kopi jangan langsung dibuang. Ampas kopi juga bisa dimanfaatkan untuk hal yang tak terduga ini.

Orang-orang biasanya membuang ampas kopi yang tersisa setelah kopi diminum. Tetapi ternyata Anda masih bisa menggunakan ampas kopi untuk hal yang berguna di sekitar rumah.

Berikut kegunaan bubuk kopi dan ampas kopi yang belum Anda ketahui yang dilansir dalam Times of India.

Baca Juga: Mana Yang Lebih Sehat untuk Sarapan, Minum Teh Atau Kopi?

1. Mengharumkan kulkas

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Menyimpan banyak makanan di kulkas membuat aroma kulkas bercampur aduk. Tapi tahukah Anda, jika menyimpan makanan terlalu lama di kulkas juga dapat membuat makanan menjadi busuk dan dapat menimbulkan aroma tidak sedap di kulkas.

Jika bau tidak sedap itu sulit hilang dari kulkas, Anda bisa menaruh ampas kopi di mangkuk lalu diamkan selama 2 jam di dalam kulkas. Maka aroma kopi akan membantu menetralkan bau kulkas.

2. Bisa jadi body scrub atau lulur tubuh

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Saat ini banyak klinik kecantikan, spa atau produk kosmetik yang membuat lulur dengan bahan dasar kopi. Kandungan di dalam kopi ternyata bisa membantu kulit semakin halus. Partikel kasar dan kandungan asam dari bubuk kopi berfungsi sebagai exfoliator yang sempurna untuk kulit, yang dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel mati dikulit Anda.

Anda bisa membuat lulur kopi sendiri. Proses pembuatannya juga mudah dan tidak butuh alat yang sulit. Cukup campurkan ampas kopi dengan air atau minyak kelapa, lalu lulur sudah bisa digunakan.

3. Anti hama atau serangga bagi tumbuhan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Dok. Getty Images

Siapa yang menyangka ternyata bubuk kopi bisa mencegah hama pada tanaman Anda. Untuk mencegah hama pada tanaman kesayangan, Anda bisa menaburkan ampas kopi pada tanah di sekitar pot tanaman. Nah, sebaran bubuk kopi ini akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak. Tak hanya itu, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya, karena aroma kopi tersebut.

4. Mengurangi dan menyamarkan selulit di tubuh

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Banyak wanita terus mencari bagaimana cara menghilangkan selulit karena memang sangat mengganggu penampilan. Salah satu resep alami yang mudah dilakukan di rumah adalah dengan bubuk kopi. Anda bisa melakukannya dengan cara mencampurkan bubuk kopi dengan body lotion lalu letakkan dibagian selulit tersebut kemudian digosok atau dipijat.

Hal ini akan memfasilitasi pemecahan lemak dikulit yang akan menghilangkan selulit. Lalu diamkan selama setengah jam sebelum dibilas.

5. Menjadi pupuk tanaman

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Siapa yang menyangka ternyata ampas kopi dapat menjadi pupuk tanaman yang akan menambah nutrisi untuk tanah dan membantu pertumbuhan tanaman tersebut. Tingginya kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga, tentu akan memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tanah.

Caranya sangat mudah, ampas kopi tersebut jangan dicuci dan langsung taburkan ampas tersebut ke tanaman Anda.

6. Dapat menghilangkan noda pada wajan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: iStock

Tentu sebagai ibu rumah tangga paham bagaimana sulitnya menghilangkan noda pada panci atau wajan. Ternyata dengan bubuk kopi juga dapat menghilangkan noda tersebut lebih mudah. Cukup hanya mencuci dengan air sabun yang dicampur dengan bubuk kopi, lalu gosok di bagian noda yang sulit hilang.

7. Mengempukkan daging

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istock

Dalam mengolah daging kambing atau sapi, memang memerlukan tantangan tersendiri. Karena tidak mudah membuat daging empuk saat dikunyah. Sifat asam dari kopi bekerja sebagai pelunak daging yang baik dan meningkatkan rasanya. Kopi mengandung asam dan enzim alami, yang membantu melunakkan daging dan menambahkan rasa yang indah dan kaya pada steak Anda. Cukup rendam dengan bubuk kopi yang dilarutkan sebelum dimasak.

8. Sebagai pewarna alami

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istock

Ternyata kopi bisa menjadi pewarna makanan dan rambut lho! Bahkan mewarnai rambut dengan kopi tidak akan merusak rambut, karena tidak mengandung kimia. Meskipun tidak bertahan lama, tapi setidaknya bisa menghilangkan uban pada rambut Anda.

9. Bisa menghilangkan goresan pada furnitur

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Istimewa

Pasti Anda berpikir bahwa goresan pada furnitur tidak bisa hilang. Ternyata dengan bubuk kopi, juga bisa menghilangkan goresan - goresan yang merusak pemandangan pada furnitur Anda. Hanya dengan cara oleskan furniture yang tergores dengan kain lap yang dicelup dengan kopi hitam kental.

10. Mencegah penuaan

Jangan Dibuang! Ampas Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 10 Hal IniFoto: Thinkstock

Ternyata kopi juga bisa digunakan sebagai masker yang akan menunda penuaan pada wajah. Membuat masker wajah berbahan dasar kopi juga sangat mudah. Cukup menggunakan ampas kopi yang sudah diseduh sebelumnya, lalu oleskan pada wajah selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Bubuk kopi penuh dengan kafein dan antioksidan. Mereka tampaknya menjadi solusi untuk mencegah penuaan dan mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Baca Juga: 6 Kopi Favorit Ini Bisa Ungkap Pribadimu, yang Mana Kopi Pilihanmu? (lus/odi)