5 Makanan Korea untuk Perayaan Ulang Tahun hingga Kematian

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 29 Jun 2020 12:00 WIB
5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock


2. Yukgaejang

5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock

Tak hanya perayaan ulang tahun, di Korea juga ada perayaan untuk kematian seseorang. Bentuknya seperti upacara untuk menghormati seseorang yang telah meninggal dunia. Biasanya mereka akan berkumpul di gedung khusus dan menggunakan pakaian berwarna hitam.

Setelah memberikan penghormatan terakhir pada mendiang, para tamu biasanya dipersilahkan menikmati makanan. Salah satu makanan yang disiapkan adalah yukgaejang. Berupa sup yang terbuat dari campuran daging sapi, daun bawang, bawang putih, bubuk cabai, soun, kecap asin, dan lainnya.

Untuk menyajikannya biasa menggunakan mangkuk alumunium atau dolsot yang biasanya dipanaskan terlebih dahulu. Biasanya disantap bersama minuman beralkohol, meoritgogi. Yukgaejang dipercaya dapat melindungi para tamu dari hantu atau arwah.


3. Songpyeon

5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock

Makanan tradisional khas Korea lainnya adalah songpyeon. Songpyeon merupakan camilan yang terbuat dari tepung beras dengan warna beragam. Lalu diisi dengan pasta kacang.

Songpyeon ini bentuknya seperti bulan setengah lingkaran. Warnanya mulai dari putih, hijau tua, hingga kuning cerah. Biasanya dihidangkan saat perayaan Chuseok.

Perayaan Chuseok sendiri merupakan festival panen di Korea yang dirayakan setiap musim gugur. Untuk menyajikan songpyeon ini harus diolesi dengan minyak wijen agar aromanya wangi. Di piringnya juga diberikan alas berupa daun pohon cemara.

Baca Juga: Berani Coba? Ini 4 Makanan Khas Korea yang Tak Biasa! https://food.detik.com/info-kuliner/d-4933307/berani-coba-ini-4-makanan-khas-korea-yang-tak-biasa

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menyantap Tteokbokki hingga Cheese Ramyun Sambil Lesehan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com