5 Makanan Korea untuk Perayaan Ulang Tahun hingga Kematian

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 29 Jun 2020 12:00 WIB
5 Makanan yang Disajikan Saat Perayaan di Korea Foto: iStock
Jakarta -

Makanan jadi bagian penting dalam perayaan di Korea. Ada perayaan ulang tahun hingga kematian yang identik dengan sajian 5 makanan berikut.

Makanan khas Korea ada banyak jenisnya. Yang umum diketahui adalah tteokbokki, kimbab, jajangmyeong, serta kimchi. Makanan ini terkenal enak dan bahkan jadi favorit banyak orang di luar Korea. Namun ada lebih banyak lagi makanan Korea jika Anda menggemarinya.

Beberapa makanan ini muncul saat perayaan di Korea. Seperti disuguhkan untuk perayaan ulang tahun, tahun baru, hingga upacara kematian. Beberapa makanan ini punya karakteristik yang berbeda, mulai dari sup hingga camilan manis.

Diantaranya miyeok-guk yang merupakan sup rumput laut dengan potongan daging, lalu ada sup daging dengan sensasi pedas, hingga songpyeong, camilan dari kue beras dengan isian di dalamnya.

Berikut 5 makanan Korea yang disuguhkan saat perayaan ulang tahun hingga kematian:

Baca Juga: 5 Makanan Korea untuk Hangatkan Tubuh Saat Musim Dingin


1. Miyeok-guk

Miyeok-guk adalah sup berbahan rumput laut dengan tambahan potongan daging berukuran kecil. Miyeok sendiri berarti rumput laut, dan guk artinya sup. Sup ini rasanya gurih, biasa disantap dengan semangkuk nasi dan lauk pendamping (banchan).

Makanan tradisional ini selalu disantap saat perayaan ulang tahun. Ada filosofi di balik sup rumput laut jadi sajian saat ulang tahun. Ini karena rumput laut biasa dikonsumsi oleh Ibu di Korea yang baru saja melahirkan agar jumlah ASI-nya banyak.

Selain itu, rumput laut yang merupakan superfood punya banyak nutrisi penting untuk sang bayi agar tumbuh dengan sehat. Oleh karena itu untuk mengenang masa baru dilahirkan, maka sup ini jadi suguhan wajib saat ulang tahun. Oh ya selain campuran daging sapi, bisa juga diganti dengan kerang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Jajal Samgyetang Bareng Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]