Ubi Bisa Jadi Tanaman Cantik untuk Hiasi Ruangan, Ini Buktinya!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Jun 2020 09:00 WIB
Tanaman ubi Foto: Twitter
Jakarta -

Banyak orang kini menaruh tanaman hias di rumah atau meja kantor untuk mempercantik ruangan. Jika bosan kaktus atau monstera, coba taruh tanaman ubi yang tak kalah estetis!

Kehadiran tanaman hias bisa mempercantik ruangan sekaligus memberikan kesan asri. Jenis tanaman hias sendiri ada banyak, begitupun dengan ukurannya. Ada yang mungil sehingga bisa ditaruh di meja hingga yang besar untuk ditaruh di sudut ruangan.

Beberapa jenis tanaman hias yang populer adalah lidah mertua, sirih gading, monstera, sampai kaktus mungil. Penempatan tanaman hias ini di spot yang tepat bakal mencuri perhatian. Tak heran, banyak orang kini menaruh tanaman hias di dalam rumah atau di meja kantor mereka.

Tanaman ubiTanaman ubi Foto: Twitter

Namun netizen @inggaharya di Twitter memberikan pilihan baru berupa ubi. Siapa sangka tanaman ubi terlihat sangat estetis. Ditaruh di dalam pot, ubi bisa tumbuh dengan cepat. Daunnya lebat dan cantik dengan warna hijau muda.

@inggaharya menjelaskan kalau cara menanam ubi sangat mudah. Ubi tinggal ditaruh stoples bening kemudian diisi air. "Nanti lama-lama keluar akar-akar kecil di dalam airnya. Terus di bagian atas muncul calon batangnya," kata @inggaharya.

Trik lain adalah mencuci ubi dulu sebelumnya sampai bersih. "Masukin ke dalam wadah berisi air, taruh deket jendela yang kena sinar matahari. Nanti akar dan calon batangnya muncul," kata @inggaharya.

Baca Juga: Hobi Berkebun? 5 Jenis Sayuran Ini Bisa Ditanam Bersamaan

Tanaman ubiTanaman ubi Foto: Twitter

Netizen lantas ramai mengomentari thread @inggaharya. Mereka menunjukkan tanaman ubi yang mereka punya. Ada yang masih kecil dan ditaruh di dalam pot isi tanah dan ada pula yang sudah besar sampai daunnya merambat.

Beberapa netizen turut memberi saran tanaman hias antimainstream lain yang bisa dicoba. Ada yang menaruh tanaman alpukat, lidah buaya, Italian basil, sampai bonsai kelapa. Total unggahan @inggaharya sudah mendapat lebih dari 3 ribu likes dan seribu retweet.

Selain menaruh tanaman hias, berkebun juga jadi tren yang muncul di tengah pandemi Corona. Banyak orang memanfaatkan waktu dan lahan yang ada untuk menanam berbagai macam tumbuhan.

berkebun sayuran microgreensberkebun sayuran microgreens Foto: twitter/istimewa

Salah satu yang hits adalah microgreens. Berupa sayuran mungil yang mudah ditanam di wadah plastik. Kalau mau coba tanam microgreens, kamu hanya butuh wadah plastik, sekam, dan bibit sayuran.

Wadah yang sudah diisi dengan sekam bisa langsung ditanami bibit yang sudah disemai sebelumnya. Cara perawatannya juga simpel, kamu hanya perlu menyiram dengan sedikit air. Untuk jenisnya ada selada, bayam, red cabbage, arugula, sampai radish!

Baca Juga: Kebun Sayur Microgreens Bisa Jadi Solusi Stok Sayuran Kekinian



Simak Video "Renggining, Camilan dari Ubi Khas Pangandaran"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com