Kebun Sayur Microgreens Bisa Jadi Solusi Stok Sayuran Kekinian

Devi Setya - detikFood Jumat, 29 Mei 2020 14:00 WIB
berkebun sayuran microgreens Foto: twitter/istimewa
Jakarta -

Kalau suka makan sayur tapi takut stok sayuran cepat busuk, ada solusi praktis. Kamu bisa berkebun microgreens yang praktis dan kekinian.

Selama masa karantina di rumah, banyak orang memilih untuk berkebun. Banyak yang mengandalkan sistem berkebun hidroponik namun ada juga teknik berkebun lain yang lebih praktis.

Jangan khawatir soal lahan, teknik berkebun microgreens ini tak membutuhkan lahan luas. Kamu bahkan bisa mengandalkan mangkuk plastik sebagai wadah tanam. Jenis sayuran yang bisa ditanam juga banyak, mulai dari bayam hingga radish.

berkebun sayuran microgreensberkebun sayuran microgreens Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Keren! Ada Kebun Sayur Minimalis yang Bisa Tanami Puluhan Jenis Sayuran


Seorang pengguna twitter dengan nama akun @sabaiX membagikan pengalaman berkebun microgreens di rumahnya.

"Gaes! microgreens ini solusi buat kamu yg mau makan sayur segar tp males nyetok krn takut busuk kelamaan di kulkas. Pas mau makan gunting secukupnya, cuci, makan! Jadi lalap atau side dish apa pun enak," kata wanita ini.

Untuk membuat microgreens ini, kamu hanya membutuhkan wadah plastik, sekam dan bibit sayuran. Wadah yang sudah diisi dengan sekam bisa langsung ditanami bibit yang sudah disemai sebelumnya.

Cara perawatannya juga simpel, kamu hanya perlu menyiram dengan sedikit air. Jangka waktu pertumbuhan sayuran berbeda-beda, ada yang cepat namun ada juga yang berjalan lambat. Tapi rata-rata sayuran microgreens ini bisa dipanen setelah masa tanam seminggu.

berkebun sayuran microgreensberkebun sayuran microgreens Foto: twitter/istimewa


Wanita ini sudah memiliki banyak tanaman sayuran di rumahnya. Beberapa diantaranya adalah bayam, radish, red cabbage, arugula dan lain sebagainya. Ia bahkan berhasil menanam wheat grass yang kini populer sebagai superfood.

Karena media tanamnya kecil jadi sayuran yang dihasilkan juga punya ukuran mini. Soal rasa dan tekstur, semuanya sama dan terasa segar jadi cocok buat lalapan atau bahan campuran masakan.

"Red radishes #microgreens can be so pretty!
Teksturnya renyah, rasa agak pedas segar. Aku biasa pakai ini dicampur sayuran lain apa saja, selada, bayam, dll lalu dijadikan side dish utk lauk protein apa aja," ujar @sabaiX.

Ternyata cuitan soal microgreens ini banyak menyita perhatian. Netizen ramai mengomentari postingan ini. Banyak yang tertarik mencoba menanam sayur di rumahnya. Tujuannya tak lain agar bisa makan sayuran segar setiap hari tanpa harus membeli.

berkebun sayuran microgreensberkebun sayuran microgreens Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Canggih! Ini 'OGarden', Kebun Mini Modern Dalam Ruangan


"Kak ini cocoknya dimakan pakai apa ya? Apa cuma cocok untuk salad atau western menu? Buat pecel bisa ga ya?" tanya netizen.

"Cobain ini buat di apartemen juga bisa, gak perlu halaman luas," ujar netizen.

Sayuran mini microgreens ini sebenarnya banyak dijual di supermarket. Biasanya untuk campuran salad. Ukurannya yang lebih kecil membuat sayuran lebih mudah disantap. Kabarnya, nutrisi dalam sayuran microgreens ini juga lebih tinggi dibandingkan sayuran yang ukurannya normal.

Sayuran segar ini bisa dipanen 7-21 hari tergantung jenisnya. Kamu bisa makan sayuran segar dan bersih setiap hari dari kebun sendiri. Nah, apa kamu tertarik membuatnya?



Simak Video "Cegah Haus saat Puasa, Konsumsi Makanan Ini saat Sahur dan Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)