Garam Bisa Mengusir Ular, Mitos atau Fakta?

Devi Setya - detikFood Sabtu, 27 Jun 2020 17:00 WIB
striking a pose. Foto: iStock
Jakarta -

Selain jadi bumbu penyedap, garam juga bisa mengusir ular. Cara ini sudah dipercaya sejak lama. Tapi apakah benar garam bisa mengusir ular?

Sejak dahulu, orang Indonesia percaya kalau garam bisa mengusir ular. Ular dianggap takut dengan garam dan tubuhnya akan menggeliat saat bersentuhan dengan garam.

Tak sedikit orang tua yang menganjurkan untuk menaburkan garam di sekitar rumah, apalagi rumah yang lokasinya berdekatan dengan kebun. Tujuannya agar tak ada ular yang masuk ke dalam rumah dan membahayakan.

Peternakan Ular ChinaPeternakan Ular China Foto: Istimewa


Baca juga : Hiii, Mahasiswa Ini Masak dan Makan Ular yang Masuk ke Asramanya


Hal ini ternyata mitos semata, garam sama sekali tidak bisa dijadikan alat untuk mengusir ular. Hampir semua jenis ular pun tidak takut jika bersentuhan dengan garam.

Para pakar dan pencinta reptil mengatakan kalau ular bukanlah jenis moluska. Ular memiliki tubuh yang diselimuti sisik, bukan lendir. Jadi mengusir ular dengan garam adalah cara yang keliru.

Lantas bukan berarti garam tidak bisa digunakan untuk mengusir hewan lain. Sebut saja jenis hewan moluska yang memiliki tubuh berselimut lendir, seperti misalnya lintah. Garam terbilang ampuh mengusir lintah atau keong.

salt shaker on black kitchen tablesalt shaker on black kitchen table Foto: Istimewa


Alih-alih mengandalkan garam, lebih baik menggunakan cuka untuk mengusir ular. Jenis ular kobra dan ular lain memiliki kulit yang bersifat menyerap cairan. Jika kulitnya terkena cairan asam dari cuka maka ular otomatis akan menghindar dan pergi.

Untuk bisa mengusir ular, kamu harus memahami berbagai hal yang dihindari oleh ular. Seorang peneliti ular, dr. Tri Maharani menyebutkan kalau ular sangat benci aroma wangi yang menyengat.

Oleh karena itu, untuk menghindari masuknya ular ke dalam rumah sebaiknya perhatikan kebersihan rumah. Beri pengharum ruangan dan taburi kamper pada setiap sudut rumah. Ketika mencium aroma wewagian, ular akan otomatis langsung menghindar.

Baca juga : Ular dan Tikus, Penemuan Mengejutkan Inspektur Makanan



Simak Video "Ini Cara Membuat Garam Tradisional di NTT"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)