Pakai Fase Bulan, Restoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan Alami

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 25 Jun 2020 17:00 WIB
Restoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan Alami Foto: AFP/Dok. Mirazur
Jakarta -

Sebagai restoran terbaik di dunia, Mirazur kini hadirkan menu mengikuti fase bulan. Bahan makanan dan konsep yang dipakai juga serba alami.

Restoran ini menempati posisi pertama sebagai restoran terbaik di dunia versi 'The World's 50 Best Restaurant' tahun 2019. Selain itu Restoran Mirazur yang mengantongi tiga Michelin Star ini tak pernah berhenti untuk berinovasi.

Baca Juga: Mirazur Dinobatkan Sebagai Restoran Terbaik di Dunia

Restoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan AlamiRestoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan Alami Foto: AFP/Dok. Mirazur



Setelah tutup selama lebih dari tiga bulan karena pandemi Corona, restoran yang terletak di Prancis ini mulai membuka pintu mereka kembali untuk para tamu sejak tanggal 12 Juni lalu.

Dilansir dari Yahoo News (25/06), chef Mauro Colagreco yang bertugas menciptakan hidangan mewah di Mirazur mengatakan bahwa kini mereka mengikuti fase bulan untuk setiap menu yang dihidangkan.

"Saya tidak mau membuka kembali restoran ini dengan cara yang sama ketika saya menutupnya. Saya tidak mengubah cara memasak saya, namun saya memasukkan 'jiwa' baru ke dalam restoran ini," jelas chef keturunan Italia dan Argentina tersebut.

Restoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan AlamiRestoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan Alami Foto: AFP/Dok. Mirazur



Semenjak restoran ini buka kembali, Mauro sudah menyajikan menu makanan berbasis bunga, buah, dedaunan, sampai akar yang ia sajikan mengikuti siklus bulan atau lunar cycle.

Pakai konsep makanan dari alam Mauro mengambil contoh bahwa ketika fase bulan memasuki 'hari daun', saat itu bulan akan naik dan membuat tumbuhan daun-daun ini memiliki kualitas yang lebih baik dan rasa lebih enak.

"Selama masa lockdown saya menghabiskan banyak waktu untuk berkebun. Dengan berkebun saya bisa lebih tenang dan kontak langsung dengan alam," jelas chef berusia 43 tahun ini.

Semenjak hobi berkebun Mauro jadi memikirkan konsep terbaru. Ia menghubungkan kehidupan antara restoran dan kebun menjadi satu. Menurutnya kebun adalah bagian dari restoran Mirazur, begitu juga sebaliknya di mana Mirazur merupakan bagian dari kebun.

Restoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan AlamiRestoran Terbaik di Dunia Ini Sajikan Makanan Alami Foto: AFP/Dok. Mirazur



Kebanyakan petani menanam dan memanen sayuran atau buah sesuai bulan, sehingga ia menjadikan kalender bulan sebagai panduannya untuk berkebun.

"Kami banyak menerapkan konsep biodinamik atau pertanian organik. Misalnya ketika kami menanam bayam, kami akan melakukannya pada hari daun ketika bulan sedang naik. Kemudian pada hari bunga ketika bulan berada di lapisan udara kami akan menanam kelopak mawar, rhubarb, susu almond yang rasanya lebih kuat dibandingkan ditanam di hari biasa," ungkap Mauro.

Mauro yakin bahwa para tamu di Mirazur akan merasakan hal yang berbeda dibandingkan makanan sebelumnya.

MirazurMirazur Foto: restaurantmirazur



"Kami ingin menyebarkan pesan tentang melihat alam dengan cara yang lain dan memiliki kontak langsung dengan bumi. Kami tentunya tidak akan memaksakan konsep biodinamik ini ke semua orang tapi kami akan memperkenalkannya dengan perlahan," pungkas Mauro.

Meski pengunjung di Mirazur tidak seramai dulu, tapi dia yakin bahwa semuanya akan berangsur membaik walau membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Sebelumnya Mirazur masuk ke dalam restoran yang paling susah direservasi oleh pengunjung. Butuh waktu satu tahun sebelumnya sebelum tanggal kedatangan untuk bisa mendapatkan meja di restoran ini.

Baca Juga: Mohon Bersabar, Ini 5 Restoran yang Paling Sulit Untuk Pesan Tempat



Simak Video "Rekomendasi Sambal buat Kamu"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)