Jangan Dibuang! 5 Makanan Sisa Ini Bisa Jadi Hidangan Enak

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 24 Jun 2020 14:30 WIB
5 Makanan Sisa Jadi Hidangan yang Enak Foto: iStock

2. Sisa Sayuran Jadi Sup

Sama halnya dengan buah, sayuran juga punya nutrisi penting untuk tubuh dengan segala manfaatnya. Seperti menjaga imunitas tubuh, melancarkan pencernaan karena kandungan seratnya, dan lainnya.

5 Makanan Sisa Jadi Hidangan yang Enak5 Makanan Sisa Jadi Hidangan yang Enak Foto: iStock

Beberapa sisa sayuran bisa diolah menjadi hidangan yang rasanya enak. Salah satunya bisa diolah menjadi sup yang segar dan menghangatkan tubuh. Sayuran sisa yang bisa dijadikan sup adalah kentang dan wortel.

Bisa dijadikan sup bening dengan tambahan potongan daging ayam, sosis, atau bahan makanan lainnya. Tinggal diolah dengan bumbu sederhana, seperti bawang putih, merica, garam, dan tambahan sedikit daun bawang. Berikan sedikit kaldu bubuk agar rasanya makin nikmat.

3. Sisa Pisang Jadi Kue

Pisang yang terlalu lama disimpan di kulkas biasanya jadi berubah warna dan membuat malas untuk menyantapnya. Namun jangan dibuang karena bisa dijadikan hidangan yang lezat. Apalagi kalau kamu bisa membuat kue.

Pisang tersebut tinggal dikupas dan dihancurkan, lalu tambahkan tepung terigu, telur, dan bahan kue lainnya. Untuk membuatnya juga sangat mudah yaitu dengan dikukus. Jadi, kalau Anda tak punya oven tak perlu lagi ribet.

5 Makanan Sisa Jadi Hidangan yang Enak5 Makanan Sisa Jadi Hidangan yang Enak Foto: iStock

Aroma pisang sangat terasa pada bolu tersebut. Jika ingin menambahkan varian lainnya juga bisa, seperti cokelat bubuk, pasta pandan, dan keju parut. Enak sekali dinikmati bersama secangkir teh hangat atau kopi.

Baca Juga: Bagikan Cerita Santap Makanan Sisa di Restoran, Pria Ini Disebut 'Freegan'

4. Sisa Roti Jadi Toast

Siapa bilang untuk bikin toast (roti panggang) enak perlu roti yang masih baru dan segar? Bisa juga lho gunakan roti sisa atau sudah hampir kedaluwarsa. Tinggal tambahkan aneka selai atau olesan mentega lalu dipanggang.

Bisa juga dipotong kecil-kecil lalu dipanggang dengan olesan mentega. Panggang hingga teksturnya menjadi renyah dan padukan dengan salad sayuran. Selain menambah tekstur, adanya roti juga bisa membuat kenyang saat menyantap salad.

Sisa roti juga bisa dimanfaatkan jadi tepung untuk menggoreng aneka camilan. Tinggal hancuran roti hingga teksturnya jadi butiran. Kemudian bisa dipakai untuk menggoreng udang, kroket, nugget, risoles, dan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3