HUT Ke-493 Jakarta

Menteng hingga Duren Sawit, Kawasan di Jakarta Ini Dulunya Kebun Buah

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Jun 2020 18:00 WIB
sejarah nama daerah di jakarta Foto: istimewa
Jakarta -

Jika melihat kondisi Jakarta saat ini memang sudah sangat padat, bahkan sangat sedikit sekali lahan yang masih kosong. Padahal dahulu, Jakarta dipenuhi kebun buah.

Ada beberapa kawasan di Jakarta yang populer dengan nama buah, sebut saja kawasan Menteng, Pondok Kelapa, Duren Sawit hingga Pasar Manggis. Sebutan ini bukan hanya sekedar nama karena disematkan sesuai sejarahnya.

Dari kawasan yang menggunakan nama buah ini bisa disimpulkan kalau dulunya Jakarta dipenuhi kebun buah. Sekarang, jangankan menemukan kebun buah, pohon buah saja sudah sangat jarang terlihat.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut nama kawasan di Jakarta yang dulunya kebun buah.

1. Menteng

sejarah nama daerah di jakartasejarah nama daerah di jakarta Foto: istimewa


Kini kawasan Menteng dikenal sebagai daerah etit di pusat kota. Rumah-rumah besar dan gedung perkantoran memadati wilayah ini. Tahukah kamu kalau dulunya kawasan ini dipenuhi pohon menteng yang buahnya asam kecut?

Sesuai dengan namanya, kawasan Menteng dulu dipenuhi pohon rindang dan salah satu pohon yang paling banyak tumbuh adalah pohon buah menteng. Pada pertengahan abad ke-18, kawasan ini dikuasai oleh tuan tanah keturunan Arab bernama Assan Nina Daut.

Kemudian pada tahun 1790-an kawasan ini dikuasai oleh warga Belanda. Menteng jadi lokasi favorit orang-orang Eropa pada masa itu karena asri dan sejuk. Lambat laun semakin banyak yang tinggal di kawasan ini, pohon menteng yang dulu rimbun kini sudah tak tersisa lagi.

Baca juga : Kebun Kopi Pertama di Indonesia Ada di Pondok Kopi Jakarta Timur


2. Duren Sawit

sejarah nama daerah di jakartasejarah nama daerah di jakarta Foto: istimewa


Jakarta Timur memiliki wilayah yang populer dengan nama Duren Sawit. Sebutan duren sawit sendiri bukan merujuk pada jenis durian melainkan penggabungan dua tanaman yang dulu banyak tumbuh di kawasan ini.

Dahulu, kawasan ini banyak ditumbuhi pohon duren dan pohon sawit. Karena banyak orang bingung menyebutkannya, alhasil warga sepakat menyebut kawasan ini Duren Sawit. Dulu di sini hanyalah perkampungan biasa, namun sekarang sudah jadi pemukiman padat.

Dikutip dari buku 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe karya Zaenuddin HM, pohon durian dulunya memang tanaman asli kawasan ini. Sementara kebun sawit ditanam oleh orang-orang Belanda yang saat itu menguasai tanah.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Berburu Kuliner Legendaris Ibu Kota: Ada yang Sudah Mulai Langka!"
[Gambas:Video 20detik]