HUT Ke-493 Jakarta

Betawi Punye! Kerak Telor Jadi Jajanan Enak di Momen Ulang Tahun Jakarta

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Jun 2020 15:00 WIB
Creative Photos Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi
Jakarta -

Kerak telor jadi salah satu makanan yang tak bisa dipisahkan dari Kota Jakarta, apalagi saat momen Ulang Tahun Jakarta. Kudapan gurih ini kabarnya sudah disajikan sejak zaman penjajahan Belanda.

Kerak telor bukanlah makanan kekinian, keberadaan kerak telor bahkan sudah ada sejak tahun 1970-an. Tapi hingga kini, kerak telor masih jadi ikon kuliner khas Betawi yang tak tergerus zaman.

Dilansir dari berbagai sumber, kerak telor tercipta secara tak sengaja. Berawal dari banyaknya pohon kelapa di Jakarta, saat itu masih Batavia, sekelompok warga Betawi mencoba memanfaatkan buah kelapa untuk diolah jadi makanan.

Creative PhotosCreative Photos Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi


Baca juga : Kerak Telor, Jajanan Langka Khas Betawi

Wilayah Menteng, Jakarta Pusat dulu dipenuhi kebun kelapa. Buah kelapa yang berlimpah membuat orang-orang mengolah buahnya, salah satu yang dibuat yakni kerak telor.

Barulah mulai tahun 1970-an kerak telor dijajakan oleh orang Betawi di dekat Tugu Monas. Mulai dari sini, banyak orang yang suka dengan rasa omelet khas Betawi ini. Renyah beras, telur dan kelapa jadi ciri kahasnya. Apalagi dulu kawasan Monas jadi tempat berkumpulnya para pelancong.

Bukan hanya wisatawan, kerak telor juga diminati kaum elit di Jakarta. Seiring berjalannya waktu, kerak telor semakin terjangkau. Penjualnya juga semakin banyak, dengan ciri khas membawa pikulan. Kerak telor diracik saat dipesan sehingga selalu hangat.

Kini kerak telor mulai sulit ditemui, namun tak pernah absen hadir saat perayaan ulang tahun Kota Jakarta. Kerak telor juga kerap hadir saat ada pergelaran seperti Lebaran Betawi atau Festival Kebudayaan Betawi.

Creative PhotosCreative Photos Foto: Getty Images/iStockphoto/Kadek Bonit Permadi


Baca juga : Kerak Telor dan Es Doger, Jajanan Jakarta yang Bikin Kangen


Tak usah bingung kalau ingin menikmati kerak telor saat tak ada pergelaran kebudayaan Betawi. Kamu bisa datang ke Perkampungan Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Bukan hanya kerak telor, berbagai makanan khas Betawi lainnya juga tersedia mulai dari laksa Betawi, toge goreng dan pastinya bir pletok.

Kerak telor sendiri terbuat dari berbagai bahan sederhana antara lain telur, beras dan kelapa serundeng sebagai taburan. Untuk menambah kelezatannya, kerak telor dimasak dengan bumbu cabai, bawang merah, jahe dan sedikit kencur. Toppingnya selain kelapa serundeng, ada juga bawang goreng yang membuat sajian ini harum semerbak.



Simak Video "Cerita di Balik Pasar Baru dan Cakwe Legendarisnya"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)