Puasa dan Jamu, Jadi Rahasia Panjang Umur Wanita Tertua di Malaysia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Jun 2020 17:30 WIB
Wanita Tertua di Malaysia Foto: OTHERS/ART CHEN/THE STAR
Jakarta -

Berusia 109 tahun, wanita bernama Annamah Abukutty ini jadi wanita tertua di Malaysia. Ia membagikan rahasia panjang umurnya yang mudah dicontek.

Baru-baru ini Malaysia Book of Records (MBOR) menobatkan Annamah Abukutty sebagai wanita tertua di Malaysia. CEO dari MBOR yaitu Christopher Wong mengirimkan penghargaan itu ke rumah Annamah di Batu Gajah, Perak.

Baca Juga: Sehat di Usia 88 Tahun, Ini Rahasia Panjang Umur Warren Buffett

Dilansir dari Red Chili 21 (22/06), Annamah yang ditemani oleh keluarganya sangat senang mendapatkan penghargaan ini. Ia membagikan beberapa tips sekaligus rahasia panjang umurnya.

Wanita Tertua di MalaysiaWanita Tertua di Malaysia Foto: OTHERS/ART CHEN/THE STAR



"Semua orang bisa panjang umur dan hidup dengan sehat selama mereka menyantap berbagai jenis herbal yang bisa tumbuh di sekitar rumah," ungkapnya.

Sang putra bernama Subramanian Madackanu menuturkan bahwa sang ibu memiliki tubuh yang fit dan sehat sejak muda.

"Ibu saya memiliki tubuh yang fit sejak muda. Ia juga rutin berpuasa setiap hari Senin hingga usianya mencapai 80 tahun. Tak lupa ia rajin mengonsumsi minyak dari biji tanaman jarak yang dicampur dengan bawang putih setiap 6 bulan sekali untuk membersihkan saluran pencernaannya hingga sekarang," jelas Subramanian yang sudah berusia 72 tahun.

"Jika ibu saya terserang flu atau demam, dia biasanya meracik jamu dari tanaman biji jarak dan biasanya langsung sembuh," lanjutnya.

Wanita Tertua di MalaysiaWanita Tertua di Malaysia Foto: OTHERS/ART CHEN/THE STAR



Annamah sendiri lahir dan besar di Thacambadi, India. Ia sangat akrab dengan obat-obatan herbal yang jadi kunci di pengobatan tradisional India. Setelah itu ia pindah ke Malaysia ketika sang suami mendapatkan pekerjaan sebagai tukang potong kayu di sana.

Menurut sang putra sebenarnya usia Annamah sudah mencapai 110 tahun. Hanya saja orangtua Annamah baru mendaftarkan kelahirannya satu tahun kemudian.

Kini Annamah memiliki 5 orang anak, 2 di antaranya masih tinggal di India. Anaknya yang masih hidup tersisa dua 2 orang, dengan 17 cucu dan 7 cicit yang tersebar di Malaysia dan India.

Wanita Tertua di MalaysiaWanita Tertua di Malaysia Foto: OTHERS/ART CHEN/THE STAR



Meski sudah tua tapi masih banyak orang yang mencari Annamah untuk dipijit dan dibuatkan ramuan herbal alami atau jamu sebagai obat. Keahlian Annamah dalam meracik obat herbal tersebar ke telinga banyak orang.

Annamah tidak pernah meminta uang dari orang-orang yang datang untuk berobat. Serta semua obat yang dia berikan berasal dari bahan alami dan aman untuk dimakan.

Selain Annamah ada juga Kane Tanaka yang merupakan orang tertua di dunia. Wanita berusia 117 tahun asal Jepang ini paling suka strawberry dan cokelat.

Baca Juga: Makan Enak Jadi Rahasia Panjang Umur Kane Tanaka, Orang Tertua di Dunia



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)