8 Tips Bikin Nasi Goreng yang Enak dan Sedap

Odilia WS - detikFood Senin, 22 Jun 2020 07:00 WIB
nasi goreng Foto: iStock


5. Gunakan bahan basah secukupnya

Ingat nasi goreng yang enak adalah yang garing dan nasinya pulen. Karena itu jangan terlalu banyak memakai bahan basah. Misalnya irisan ikan, daging ayam, udang dan sayuran. Jika bahan campuran segar dan basah ada baiknya tumis dahulu hingga kering baru tambahkan bahan lainnya.

Jika memakai ikan asin teri atau jambal roti, sebaiknya goreng dahulu hingga kering dan renyah. Masukkan ikan asin atau teri ini di tahap terakhir sehingga rasanya tetap renyah gurih di tiap suapan nasi goreng.

Resep udang goreng tepung8 Tips bikin nasi goreng yang enak dan sedap. Foto: Istimewa




6. Memotong bahan sama besar

Nasi goreng bisa dipadukan dengan beberapa jenis bahan. Tetapi sebaiknya potonglah bahan-bahan tersebut sama besar ukuran. Agar saat diaduk dan dimasak semua bahan bisa matang bersamaan.

Jika memakai paduan sayuran seperti sawi, brokoli, kapri atau wortel, potong dengan ukuran sama. Untuk sawi potong batang sama besar, atau belah dua jika terlalu besar. Pastikan sayuran sudah tiris tak mengandung air saat dicampurkan dengan bahan lain agar nasi goreng tak jadi lembek atau becek.


7. Telur

Telur menjadi paduan wajib nasi goreng. Sebaiknya telur diaduk bersama nasi atau disajikan terpisah? Tergantung dengan selera. Jika akan dicampurkan bisa diaduk saat telur mentah, atau dibuat orak-arik telur. Untuk telur yang dicampurkan mentah bersama nasi, gunakan api besar saat mengaduk dan pastikan telur matang merata sehingga tidak anyir aromanya.

Pilihan lainnya telur dadar atau omelet. Telur dadar bisa diiris tipis atau dijadikan bungkus nasi goreng. Jika suka bisa juga memakai telur goreng, bisa telur goreng matang atau setengah matang. Sebaiknya sajikan selagi hangat agar rasanya gurihnya mantap.

8. Gunakan api besar

Membuat nasi goreng sebenarnya tak beda dengan menumis. Karena sebagian bahan sudah matang atau setengah matang, proses memasak yang cepat ini memerlukan suhu tinggi agar bahan makanan matang tepat waktu.

Jangan takur gosong, asal semua bahan dan bumbu sudah disiapkan di dekat wajan, proses menumis nasi akan berlangsung cepat. Yang perlu diingat jangan terlalu banyak memakai minyak sayur cukup 2 sendok makan, maksimal 3 sendok makan. Jika bahan campuran ada yang berlemak, kurangi minyaknya.

Api yang besar akan membuat bagian luar butiran nasi menjadi sedikit keras dan garing tetapi bagian dalamnya tetap pulen. Bunyi berdetak kecil di keliling wajan menandakan nasi termasak dengan baik. Yang terpenting nasi goreng harus disantap saat hangat agar rasa bumbu dan bahan jadi maksimal.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(odi/odi)