8 Tips Bikin Nasi Goreng yang Enak dan Sedap

Odilia WS - detikFood Senin, 22 Jun 2020 07:00 WIB
nasi goreng Foto: iStock
Jakarta -

Meski populer dan terlihat gampang membuatnya, nyatanya tak semua orang sukses bikin nasi goreng enak. Ada baiknya simak 8 tips bikin nasi goreng ini.

Konon nasi goreng pertama kali dibuat oleh orang China untuk memanfaatkan nasi sisa dan lauk-pauk dari makan malam. Paginya diolah menjadi nasi goreng, ditambah telur tentu saja rasanya enak, apalagi kalau masih hangat.

Seperti hidangan China, nasi goreng akhirnya dikenal di seluruh dunia sebagai makanan khas Asia, terutama negara dengan makanan pokok nasi. Indonesia juga dikenal dengan nasi gorengnya. Bahkan nasi goreng menjadi hidangan ikonik Indonesia.

Jenis atau ragam nasi goreng sangatlah banyak. Hampir tiap negara di Asia punya varian nasi goreng. Apalagi di Indonesia, tiap daerah punya racikan nasi goreng. Nasi goreng kampung, nasi goreng kunyit, nasi goreng rendang, nasi goreng ikan asin hingga nasi goreng babat.



Mungkin kamu pernah membuat nasi goreng sendiri tetapi hasilnya kurang memuaskan. Nasinya lembek, bumbunya kurang atau bahkan berminyak dan telurnya berbau amis. Bisa jadi kamu terlewat memperhatikan 8 tips ini.


1. Nasi yang pas matangnya


Nasi adalah kunci kelezatan nasi goreng. Banyak orang memakai nasi sisa semalam yang sudah disimpan dalam kulkas hingga agak keras. Tetapi jika nasi memang lembek meski disimpan dalam kulkas tentu teksturnya tetap lembek.

Sebenarnya tergantung selera. Tetapi nasi goreng yang enak adalah nasi yang bagian luarnya renyah tetapi bagian dalamnya pulen. Makanya abang penjual nasi goreng gerobakan memakai nasi yang sedikit pera. Jenis beras ramos cocok dibuat nasi goreng.

Jangan lupa setelah dikeluarkan dari kulkas, uraikan nasi yang menggumpal atau bertumpuk jadi satu hingga terurai. Ini memudahkan bumbu meresap saat nasi ini dimasak bersama bumbu dan bahan lainnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3