Makan Enak di Era Baru

Curhat Pegawai Resto Saat Kembali Bekerja dengan Konsep New Normal

Devi Setya - detikFood Sabtu, 20 Jun 2020 15:00 WIB
summarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
Jakarta -

Puluhan mal dan tempat umum sudah kembali dibuka dengan konsep new normal. Restoran dan kafe juga sudah melayani dengan protokol kesehatan. Bagaimana tanggapan dari pegawai restoran?

DetikFood belum lama ini mendatangi Summarecon Mal Bekasi (SMB) yang sudah mulai beroperasi kembali sejak Sabtu (13/6). Suasana mal terbilang cukup ramai meskipun kami berkunjung saat hari kerja.

Area yang paling ramai adalah area kuliner yang dikenal dengan sebutan Downtown Walk. Di sini ada belasan tenan khusus kuliner yang menawarkan makanan berat, camilan, coffee shop hingga minuman kekinian. Kami melihat beberapa gerai makanan ramai dipadati pengunjung.

summarecon mal bekasi new normalsummarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : Mau Makan di SMB? Ini Protokol Kesehatan yang Harus Ditaati

Hampir seluruh karyawan resto menggunakan alat protokol kesehatan seperti sarung tangan, masker dan face shield. Kami juga sempat bertanya soal standar penggunaan alat ini.

Mega, seorang kasir di Yogurtland mengatakan senang sekaligus takut saat penerapan new normal ini. "Sebelum ada COVID-19 kita memang sudah wajib pakai sarung tangan, tapi sekarang jadi wajib pakai masker dan face shield juga," jelas Mega.

Meski sudah dibekali alat pelindung ini, Mega tetap masih agak khawatir karena ia bekerja di tempat umum yang setiap hari harus melakukan kontak fisik dengan banyak orang. "Takut sih, soalnya kan kita kerjanya gini. Ketemu orang, kontak fisik, kadang ada pengunjung nanya-nanya. Tapi ya mau gimana lagi, kalau tutup terus kan kita juga jadinya nggak kerja," beber Mega.

Meskipun ada kekhawatiran, tapi Mega selalu menjaga diri dan menjaga kebersihan dengan cara sering mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Selain Mega, ada juga pelayan restoran ternama Solaria yang juga menerapkan standar protokol kesehatan ketat. Perempuan yang enggan disebutkan namanya ini merasa cukup nyaman meskipun ada beberapa alat pelindung yang membatasi ruang geraknya.

"Ganggu sih nggak, lama-lama terbiasa juga. Pakai ini kan supaya kita aman, kalau bersentuhan sama orang atau ngobrol gitu terlindungi," ujar pelayan ini ramah.

summarecon mal bekasi new normalsummarecon mal bekasi new normal Foto: Devi S. Lestari/detikFood


Baca juga : Jalan-jalan ke Summarecon Mal Bekasi, Bisa Makan Enak di 5 Restoran Ini


Bukan hanya karyawan restoran, petugas kebersihan dan keamanan di sini juga menerapkan protokol kesehatan. Kami bahkan sempat melihat pengunjung yang duduk berdekatan, petugas keamanan langsung menghampiri dan mengingatkan untuk menjaga jarak sekitar 1,5 meter.

Penerapan protokol kesehatan di mal ini terbilang ketat, bahkan untuk masuk ke dalam mal saja harus melakukan registrasi lebih dulu. New normal ala SMB akan terus diterapkan sampai pemerintah daerah mengeluarkan aturan baru terkait COVID-19.



Simak Video "Catat! Aturan Baru Jika Mau Makan di Mal Kota Kasablanka"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru