5 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Melilit Saat Pagi Hari

Devi Setya - detikFood Jumat, 19 Jun 2020 07:00 WIB
Sakit perut asam lambung Foto: Shutterstock
Jakarta -

Makan sarapan sebelum beraktivitas memang sangat penting, tapi perhatikan juga pilihan menu makanannya. Kalau salah pilih maka perut akan mulas dan melilit.

Reaksi mulas di pagi hari memang wajar karena sistem pencernaan bekerja ekstra di pagi hari. Tapi selain reaksi normal, ada juga yang memicu timbulnya perut mulas dan melilit ketika disantap pagi hari.

Tentu rasa mulas ini akan mengganggu aktivitas, apalagi jika memiliki jadwal padat. Kamu tentu nggak mau aktivitas terhambat karena perut mulas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut makanan yang bisa memicu rasa mulas saat dikonsumsi pagi hari.

1. Makanan pedas

makanan super pedasmakanan super pedas Foto: iStock


Makanan pedas memang menggoda, apalagi bagi pencinta pedas. Meskipun makanan pedas bikin nafsu makan dan lebih menggiurkan, usahakan untuk tidak menyantapnya saat pagi hari.

Kandungan capcaisin pada makanan pedas bisa memicu kontraksi sehingga perut merasa melilit dan mulas. Apalagi kalau makanan pedas ini disantap dalam keadaan perut kosong. Bukan hanya melilit, kamu juga bisa menderita diare.

Baca juga : Sakit Perut atau Kembung Bisa Diatasi dengan Makanan Enak Ini (2)


2. Susu

Latin man drinking milk and looking at the cameraLatin man drinking milk and looking at the camera Foto: iStock


Produk diary atau olahan susu juga menjadi pemicu hadirnya sakit perut. Meskipun yoghurt aman dikonsumsi saat pagi hari, tapi pada beberapa orang reaksinya akan berbahaya.

Menyantap susu, yogurt, keju dan produk turunan susu lainnya bisa menyebabkan perut kembung dan naiknya asam lambung. Kalau tubuh tak bisa menerima asupan susu di pagi hari, sebaiknya hindari konsumsinya. Kamu bisa minum susu saat sore ataupun malam hari.

3. Kopi


Beberapa orang menjadikan kopi sebagai penambah semangat dan menghilangkan rasa kantuk. Tapi sayangnya kopi juga mengandung kafein yang bisa merangsang kontraksi perut saat dikonsumsi pagi hari.

Perut akan terasa tak nyaman karena rasa kembung dan mulas. Tak jarang, beberapa orang harus pergi ke toilet usai menikmati kopi di pagi hari. Kalau tujuannya untuk melancarkan saluran cerna, kamu bisa menikmatinya dalam porsi secukupnya. Dan pastikan kamu sedang tidak dalam keadaan sibuk atau sedang beraktivitas.

4. Makanan berlemak

Close-up of round crab and fish cakes made with sweet potatoes and vegetables frying in a blue cast iron pan.Close-up of round crab and fish cakes made with sweet potatoes and vegetables frying in a blue cast iron pan. Foto: Getty Images/iStockphoto/tenmay


Selain memicu rasa kantuk, makanan berlemak juga memicu rasa mulas dan perut melilit ketika dijadikan menu sarapan. Efek ini berbeda pada setiap orang, kalau merasa memiliki perut yang sensitif memang sebaiknya menghndari makanan berlemak tinggi.

Menimbun lemak di pagi hari juga bukanlah pilihan bijak. Kamu bisa mengganti menu sarapan dengan makanan segar yang kaya vitamin seperti sayuran, buah dan sumber karbohidrat yang bisa diandalkan sebagai energi.

Baca juga : Hindari 5 Makanan Ini Agar Traveling Nyaman Tanpa Sakit Perut


5. Tomat dan jeruk

Jeruk MandarinJeruk Mandarin Foto: iStock


Tomat dan jeruk memiliki vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Namun dua buah ini tidak disarankan dikonsumsi saat pagi hari terutama ketika perut dalam keadaan kosong. Jeruk maupun tomat mengandung zat yang bisa menaikkan asam lambung.

Saat asam lambung meningkat, perut akan merasa kembung dan tak jarang mengakibatkan mulas dan melilit. Kamu tetap boleh menyantap tomat dan jeruk asalkan sudah mengisi perut dengan makanan lain. Atau konsumsi buah ini saat sudah agak siang untuk memberikan efek segar.




Simak Video "Bikin Laper: Icip-icip dan Intip Pembuatan Timlo Khas Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)