Unik! Face Shield Ini Terbuat dari Daur Ulang Bungkus Makanan

Riska Fitria - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 19:30 WIB
Alat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastik Alat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastik Foto: MMM Design Studio
Jakarta -

Sebuah perusahaan desain menciptakan alat pelindung wajah yang terbuat dari daur ulang bungkus makanan. Cara kreatif ini bisa sekaligus mengurangi sampah plastik.

Selain masker, face shield atau alat pelindung wajah dinilai dapat secara efektif mencegah paparan virus corona. Alat pelindung wajah itu dapat digunakan saat beraktivitas di tempat umum.

Alat pelindung wajah umumnya terbuat dari plastik mika. Namun, berbeda dengan alat pelindung wajah keluaran dari perusahaan desain asal Korea Selatan, MMM Design Studio, lapor Insider (10/06).

The baby wears a face shield lying on white bedsheet in pink vest.Alat pelindung wajah Foto: iStock

Alat pelindung wajah itu terbilang unik pasalnya terbuat dari daur ulang bungkus makanan yang sudah tidak terpakai. Pelindung wajah tersebut dirancang dengan bingkai menyerupai kacamata.

Selain itu, terdapat klip di bagian atas dan bawah untuk menempatkan bungkus makanan. Bukan tanpa alasan, diciptakannya alat pelindung wajah ini juga untuk membantu kurangnya pasokan untuk tim medis.

Baca Juga : Praktis! 'Face Shield' Bisa Dibuat Sendiri dari Botol Minuman Plastik

"Saya mendengar tentang kurangnya pasokan medis dan berpikir akan sangat membantu untuk memiliki pelindung wajah yang dapat dengan mudah dibuat dan juga dapat mudah diganti untuk mencegah kontaminasi," ujar Kitae, dari perusahaan MMM Design Studio.

Alat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastikAlat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastik Foto: MMM Design Studio

Selain untuk membantu kurangnya pasokan alat pelindung wajah pada tim medis, cara unik dan kreatif ini juga dapat mengurangi sampah plastik yang selama ini jadi masalah seluruh dunia.

Lebih lanjut, Kitae juga mengatakan bahwa alat pelindung diri ini tidak diproduksi secara masal. Namun, jika ada orang yang tertarik, mereka bisa langsung menghubungi pihak perusahaan untuk meminta file model 3D.

"Saya harap ide ini dapat membantu secara langsung dan menginspirasi orang lain. Banyak orang yang menilai ini adalah ide kreatif dan menyarankan untuk mematenkan ciptaan kami ini," tutur Katie.

Menurut Katie bungkus makanan transparan merupakan bahan terbaik untuk bisa digunakan sebagai alat pelindung diri. Karena mudah didapat juga pandangan mata tidak tidak terhalang.

Alat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastikAlat pelindung wajah terbuat dari daur ulang sampah plastik Foto: MMM Design Studio

Sebelum ini, ada juga alat pelindung wajah yang tak kalah unik. Alat pelindung tersebut dibuat dari botol plastik minuman bekas berukuran 1,5 liter, yang merupakan hasil kreasi dari Youtuber Wachusett Mountain.

Dalam salah satu videonya, ia memperlihatkan bagaimana dirinya mampu memanfaatkan botol plastik minuman bekas dan mengubahnya menjadi alat pelindung wajah. Untuk membentuknya, ia hanya menggunakan gunting.

Kemudian ditambah silicone strip pada bagian atas face shield untuk melindung dahi. Lalu, ujung sisi kanan dan kirinya dilubangi untuk mengaitkan tali. Tali diukur sesuai lebar wajah masing-masing.

Baca Juga : Pengalaman Makan Nasi Kapau dengan Konsep New Normal



Simak Video "Makan di Warung Ini Gratis Bagi yang Terdampak Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)