Praktis! 'Face Shield' Bisa Dibuat Sendiri dari Botol Minuman Plastik

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 21 Mei 2020 15:00 WIB
Face shield dari botol minuman plastik Foto: Must Share News
Jakarta -

Face shield atau pelindung wajah bisa dibuat sendiri menggunakan botol minuman plastik. Pria ini menunjukkan cara membuatnya hanya kurang dari dua menit.

Selama pandemi COVID-19 berbagai alat proteksi diri laku keras di pasaran. Selain masker, banyak orang membeli face shield sebagai alternatif pelindung wajah yang tak membuat napas sesak karena tidak menutup hidung dan mulut.

Face shield terbuat dari plastik bening yang menutupi hampir seluruh wajah. Fungsinya menjaga wajah terkena droplet orang lain yang mungkin terinfeksi virus Corona. Alih-alih beli face shield, kamu bisa membuatnya di rumah.

Face shield dari botol minuman plastikFace shield dari botol minuman plastik Foto: YouTube Wachusett Mountain

Baca Juga: Kini Ada Masker 'Pac-Man', Bisa Makan Tanpa Perlu Copot Masker

Seorang pria melalui channel YouTube Wachusett Mountain membagikan video tutorial bikin face shield. Dikutip dari Must Share News (19/5), bahan yang dibutuhkan adalah botol minuman plastik ukuran 1,5 liter, silicone strip, dan tali. Juga gunting dan cutter untuk memotongnya.

Di awal video berdurasi dua menit ini, pria tersebut memotong bagian atas dan bawah botol plastik hingga rata. Kemudian potong vertikal, bentangkan hingga bentuknya jadi lembaran.

Face shield dari botol minuman plastikFace shield dari botol minuman plastik Foto: YouTube Wachusett Mountain

Gunting seluruh sisian lembaran plastik agar tidak tajam. Cara ini juga memungkinkan kamu menghilangkan kode produksi pada botol minuman yang akan mengganggu penglihatan.

Terakhir, tempelkan silicone strip pada bagian atas lembaran face shield untuk melindungi dahi. Lalu lubangi ujung sisi kanan dan kirinya sebagai tempat memasukkan tali. Face shield pun siap dipakai.

Face shield dari botol minuman plastikFace shield dari botol minuman plastik Foto: YouTube Wachusett Mountain

Aksi membuat face shield sendiri sebelumnya sempat viral di Indonesia. Seorang ibu mengenakannya saat belanja di supermarket. Ia menggunting lembaran botol plastik yang menurutnya praktis dan ekonomis.

Baca Juga: Kreatif! Manfaatkan Plastik Botol Bekas Jadi Masker



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Pineapple Fried Rice Bareng Ibnu Jamil"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)