Kasihan! Ular Ini Telan Botol Plastik yang Dikira Makanan

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 15:30 WIB
ular makan botol Foto: twitter/istimewa
Jakarta -

Seekor ular terekam sedang berusaha melahap botol plastik. Video ini menyita simpati banyak orang sekaligus menyadarkan akan pentingnya membatasi penggunaan plastik.

Video ular yang menyantap botol plastik ini viral di berbagai platform media sosial. Aksi ular yang melahap botol plastik ini membuat banyak orang merasa kasihan. Netizen menilai kalau ular ini sangat lapar dan menyangka botol plastik yang ada di depannya adalah makanan enak.

Dilansir dari Hindustan Times (17/6) tingkat polusi plastik semakin hari semakin mengkhawatirkan. Setelah ada temuan penyu yang terlilit sampah plastik, kini ada lagi video ular memakan botol plastik.

ular makan botolular makan botol Foto: twitter/istimewa


Baca juga : Chef Ini Temukan Banyak Sampah Plastik Dalam Perut Ikan yang Akan Dimasak

Hewan yang hidup di alam liar termasuk yang paling terdampak karena mereka sama sekali tidak tahu bahaya dari sampah plastik ini. Beberapa hewan bahkan tak bisa mengenali perbedaan antara sampah plastik atau makanan. Termasuk ular yang cenderung menyantap benda yang ada di dekatnya.

Video berdurasi 48 detik ini dibagikan oleh Parveen Kaswan, seorang aktivis pencinta lingkungan di India. Dalam unggahannya, Kaswan mengatakan ketika ada orang yang menggunakan plastik maka sampah plastik tidak benar-benar terbuang.

"Plastik tidak akan benar-benar terbuang. Lihat bagaimana botol plastik sekali pakai memengaruhi satwa liar & spesies lainnya. Video ini mungkin bisa mengganggu Anda," tulis Kaswan pada cuitan twitternya.

Dalam video yang dibagikan, terlihat seekor ular menggeliat di tanah. Perutnya besar seperti habis menelan sesuatu. Seorang pria kemudian mendorong ular ini menggunakan tongkat, secara perlahan ular memuntahkan benda yang masuk ke dalam rongga tubuhnya.

ular makan botolular makan botol Foto: twitter/istimewa


Tak ada yang menyangka kalau ternyata ular ini baru saja menelan botol plastik warna hijau. Ular ini kelihatan berusaha keras memuntahkan botol karena ukuran botol yang cukup besar. Pemandangan ini membuat banyak orang merasa kasihan.

Video ini diunggah pada 10 Januari 2020 dan sudah dilihat lebih dari 81 ribu kali. Ribuan orang juga memberikan komentar untuk kejadian yang terjadi di India ini.

Baca juga : Ini 5 Makanan Mengandung Plastik yang Bikin Heboh


"Apa yang kita lakukan sebagai manusia? Kita menghancurkan hidup mereka dengan perbuatan kita. Sangat sedih melihat video ini. Saya senang karena ular ini bisa lolos, tetapi bagaimana dengan satwa lain yang tak bisa selamat?" ujar netizen.

"Plastik adalah senjata paling berbahaya dan harus digunakan secara bertanggung jawab di tempat-tempat seperti ini. Kalau tidak, kita akan menjadi generasi terakhir yang menikmati alam dan satwa liar sebelum terlambat," ujar netizen lainnya.

"Terima kasih telah berbagi. Ini mendidik. Saya bertanya-tanya bagaimana cara membawanya ke titik terakhir dari rantai. Kami hanya membuangnya ke tempat sampah dan melupakannya. Mungkin perlu lebih banyak kebijakan Pemerintah yang mengatur hal ini," sahut netizen lainnya.

Di akhir unggahannya, Kaswan menjelaskan hal ini bisa dilakukan oleh ular jenis cobra sementara beberapa hewan lain tak bisa memuntahkan apa yang sudah dimakan. "Ini ular cobra, mereka secara alami bisa memuntahkan benda ini. Beberapa hewan lain tak bisa melakukannya dan mereka hanya akan mati sambil menahan sakit," pungkas Kaswan.




Simak Video "Ini Alasan KFC Tak Gunakan Sedotan Plastik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)