Chef Ini Temukan Banyak Sampah Plastik Dalam Perut Ikan yang Akan Dimasak

Sonia Basoni - detikFood Senin, 27 Mei 2019 07:44 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Seorang chef terkenal asal Meksiko membagikan video pendek. Ia menemukan banyak sampah plastik dalam perut ikan yang akan dimasaknya.

Jutaan limbah plastik terus dibuang ke laut setiap tahunnya. Di mana ini merupakan isu lingkungan yang serius, karena sampah plastik sulit untuk terurai dan tentunya membahayakan biota laut.

Baca Juga: Terbuat dari Tepung Kentang, Garpu dan Pisau Ini Bisa Dimakan
Chef Ini Temukan Banyak Sampah Plastik Dalam Perut Ikan yang Akan DimasakFoto: Istimewa
Dilansir NY Post (21/05), Chef Ricardo Munoz, yang terkenal dengan restoran tiga bintang Michelin miliknya di Madrid dan London. Ia baru-baru ini mengunggah videonya saat tengah membersihkan ikan, yang akan dia siapkan sebelum diolah menjadi makanan.

Dalam video berdurasi lebih dari satu menit tersebut, terlihat tangan Chef Ricardo yang mengambil beberapa tutup minuman plastik, dan sisa sampah lainnya dari bagian dalam perut ikan yang ada di dapurnya.

Tak hanya satu sampah saja, tapi ada beberapa sampah yang memenuhi bagian dalam ikan tersebut. Penemuannya ini tentu mengingatkan kembali bahwa limbah plastik merupakan masalah yang serius.
Chef Ini Temukan Banyak Sampah Plastik Dalam Perut Ikan yang Akan DimasakFoto: Istimewa

"Tolong buat orang-orang lebih perduli dengan tidak menggunakan plastik, atau membuang sampah ke lautan. Kita membunuh planet kita sendiri, membunuh rumah kita," tulis Chef Ricardo di akun media sosialnya.

Dia juga menambahkan bahwa penemuannya ini benar-benar hal yang buruk dan menyeramkan. Sehingga videonya ini langsung viral, dan sudah ditonton hampir dua juta kali.

Banyak netizen yang turut berkomentar, dan menyayangkan orang-orang yang masih tidak perduli dengan lingkungan.
Chef Ini Temukan Banyak Sampah Plastik Dalam Perut Ikan yang Akan DimasakFoto: Istimewa
"Saya tidak bisa mempercayai hal ini! Saya tidak bisa menonton video ini hingga habis. Ini merupakan pesan yang jelas, bahwa kita semua harus merawat dan menjaga lingkungan kita," tulis netizen.

Di tahun 2017, setidaknya ada 348 juta ton sampah plastik yang diproduksi di dunia. Hanya setengahnya yang didaur ulang, dan sisanya dibiarkan menumpuk dan mencemari lingkungan.

Baca Juga: Kurangi Limbah Plastik, Ganti dengan Wadah Kaca yang Punya 5 Kelebihan

(sob/odi)