Ini Cara Bersihkan Dispenser, Jangan Kaget Lihat Endapan Kotorannya

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 14:30 WIB
Glass being filled at a water cooler Foto: Getty Images/iStockphoto/KLH49
Jakarta -

Dispenser memudahkan proses mengambil air, apalagi dilengkapi fasilitas pendingin dan pemanas otomatis. Tanpa disadari, dispenser juga mengandung kotoran yang menumpuk jika tak dibersihkan.

Sekilas memang dispenser selalu tampan bersih karena hanya dijadikan wadah untuk menampung air. Tapi jangan salah sangka, dispenser yang digunakan terus menerus dalam jangka waktu lama ternyata menyimpan banyak kotoran yang mengendap.

Endapan kotoran ini biasanya berasal dari partikel kecil yang terkandung dalam air. Lama kelamaan, kotoran bisa menumpuk, tak jarang di dalam selang dispenser bahkan terdapat lumut halus yang mengendap. Jika dibiarkan, tentu akan membahayakan kesehatan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ada 3 cara mudah membersihkan bagian dalam dispenser.

1. Dengan cara dibongkar

Glass being filled at a water coolerGlass being filled at a water cooler Foto: Getty Images/iStockphoto/KLH49


Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membersihkan bagian dalam dispenser adalah dengan cara dibongkar. Cara ini agak rumt namun sangat efektif karena seluruh bagian dalam dispenser bisa dibersihkan dengan maksimal.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuka baut pengait yang ada di bagian belakang dispenser. Setelah terbuka, barulah membongkar selang dan wadah penampung air panas. Cara ini harus dilakukan dengan hati-hati karena kalau salah akan merusak dispenser.

Tips yang dibagikan lewat Youtube channel Info Kita ini menunjukkan kalau seluruh selang dan wadah penampung air panas bisa dilepaskan. Proses selanjutnya adalah mencuci selang dan wadah air panas menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih. Sebelum dipasang, pastikan seluruh bagian dispenser sudah dalam keadaan bersih dan kering.

Baca juga : Niat Setor Uang ke Bank, Wanita Ini Malah Curi Dispenser Air

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]