5 Tampilan Resep Brownies dengan Sedikit Tepung hingga Kebanyakan Telur

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 11:00 WIB
Chocolate brownie squares with walnuts on cutting board, top view, horizontal composition. Flat lay food Foto: iStock

2. Penggunaan Baking Powder

Kesalahan dalam Bikin BrowniesKesalahan dalam Bikin Brownies Foto: insider.com

Brownies adalah kue yang tidak menggunakan baking powder sama sekali. Teksturnya jadi padat dan sedikit bantat. Pada awal munculnya brownies juga banyak yang mengatakan kalau seorang koki kelupaan dalam menambahkan baking powder pada kue bolu cokelatnya.

Hasilnya kue menjadi bolu yang padat, agak bantat, dan sedikit basah. Namun rasanya tetap enak jadi masih bisa dikonsumsi dan dipasarkan. Terciptalah brownies yang pembuatannya bisa dipanggang atau dikukus.

Jika Anda seorang pemula dan menambahkan baking powder pada brownies sudah dipastikan itu salah besar. Karena tekstur kue tersebut akan mengembang dan jadi bolu cokelat biasa. Sejatinya brownies teksturnya harus padat dan bantat bukanlah mengembang serta lembut.

3. Terlalu Banyak Gula Pasir

Kesalahan dalam Bikin BrowniesKesalahan dalam Bikin Brownies Foto: insider.com

Brownies rasanya tidak terlalu manis namun tetap nikmat disantap sebagai dessert. Selain menghasilkan rasa yang tidak terlalu manis, pemakaian gula yang tidak terlalu banyak juga bisa membuat brownies buatan Anda tidak chewy (kenyal).

Karena brownies yang chewy (kenyal) biasanya tidak terlalu nikmat. Saat disantap pun akan meninggalkan bekas (terselip) di sekitar gigi. Pastinya membuat rasa tak nyaman saat menyantapnya.

Foto berikut ini memperlihatkan tampilan brownies yang terlalu banyak menggunakan gula pasir. Dalam foto terlihat kerutan di bagian pinggir brownies, namun tidak muncul kerutan di bagian tengahnya. Jadi, jika Anda menemukan tampilan seperti pada foto bisa jadi masalahnya adalah karena terlalu banyak gula pasir saat membuatnya.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Brownies Kukus Coklat, Pandan Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2 3