Foodies Banyak Berburu Ramen, Begini Cara Benar Makan Ramen Jepang

Devi Setya - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 12:00 WIB
Close up shot of miso noodle ramen with chopped pork meat and soft boiled egg Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio

3. Makan dengan cara disruput

Close up shot of miso noodle ramen with chopped pork meat and soft boiled eggClose up shot of miso noodle ramen with chopped pork meat and soft boiled egg Foto: Getty Images/iStockphoto/Kanawa_Studio


Di kedai ramen selalu disediakan dua alat makan untuk menyantap ramen yakni sumpit dan sendok. Tidak ada garpu dalam kebudayaan makan ramen di Jepang.

Orang Jepang akan menyantap mie ramen dengan mengandalkan sumpit, sementara kuahnya disantap dengan menggunakan sendok. Mie ramen akan lebih nikmat lagi kalau dimakan dengan cara diseruput.

Kebiasaan makan ramen dengan cara ini sudah jadi bagian dari etiket makan masyarakat Jepang dan dikenal dengan sebutan zuzotto. Menyeruput ramen tentu secara tak langsung akan mengeluarkan suara cecapan "sluuurp" dari mulut. Tak perlu khawatir, kamu justru harus mengeluarkan suara ini agar ramen lebih terasa nikmat.

4. Makan secara perlahan

ramen cokelatramen cokelat Foto: istimewa


Meskipun selera sudah sangat tergoda dengan ramen di depan meja tapi kamu tetap harus makan dengan perlahan. Mie ramen harus dimakan sedikit demi sedikit agar tidak mudah berantakan.

Jika menyuapkan terlalu banyak mie dalam sekali suap maka mie beresiko akan tercecer. Belum lagi kalau mulut sudah terlalu terisi penuh, akhirya mie terpaksa digigit dan jatuh kembali ke mangkuk. Hal ini dipandang kurang sopan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4