5 Benda di Dapur Ini Bisa Perlemah Daya Tahan Tubuh

Odilia WS - detikFood Rabu, 17 Jun 2020 07:00 WIB
alat masak Foto: iStock
Jakarta -

Tanpa disadari pemakaian berbagai alat dapur jika tak hati-hati bisa berakibat buruk pada kesehatan. Seperti turunnya daya tahan tubuh pada penyakit.

Pada masa pandemi Corona, sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan diri dan rumah, termasuk dapur. Karena dapur merupakan jantung rumah tempat makanan diproduksi untuk seluruh keluarga.

Bukan hanya soal kebersihan peralatan dan benda-benda saja yang perlu dicermati tetapi ternyata beberapa alat dan benda bisa menggerogoti daya tahan tubuh atau imunitas tubuh terhadap penyakit.



Bagaimana mungkin panci dan wajan bisa memperlemah daya tahan tubuh? Dikutip dari timesofindia (15/6) berikut ini beberapa peralatan di dapur yang perlu diwaspadai pemakaiannya karena berimbas pada daya tahan tubuh.

1. Wajan antilengket

Sudah jamak kini tiap rumah punya wajan atau panci berlapisan anti lengket. Lapisan bahan di permukaan panci bisa membuat makanan tidak lengket, mudah dibalik atau dimasak.

Lapisan anti lengket itu terbuat dari bahan kimia bernama 'polytetraflouroethylene' yang populer dengan brand Teflon. Bahan ini terbuat dari florin dan atom karbon. Perfluorooctanoic acid (PFOA) yang dipakai Teflon ditemukan dalam darah dari 98% partisipan dalam riset tahun 2000.

Lapisan ini jika terlalu panas dikaitkan dengan emisi beracun. Pastikan panci atau wajan berlapisan anti lengket yang kamu beli bebas dari PFOA. Selain itu cuci dan rawat alat masak berlapisan anti lengket sesuai aturan yang dianjurkan.

aneka telur gorengWajan anti lengket. Foto: Istimewa



2. Peralatan masak dari aluminium

Meskipun ada beragam alat masak dari beragam bahan, tetaoi alat masak berbahan aluminium masih digemari. Alasannya karena aluminium mudah menghantarkan panas, ringan dan murah harganya dan tidak mudah retak.

Tetapi masakan yang dimasak dengan peralatan aluminium akan mengandung 1-2 mg aluminium yang bisa berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya menetralkan mineral dan vitamin di dalam tubuh tetapi menghirup asap aluminium dapat berkontribusi pada dada yang tidak normal seperti yang ditunjukkan dalam sinar-X dan memicu batuk.

Endapan aluminium di dalam tubuh didapati pada orang yang punya masalah ginjal yang bisa berisiko pada kesehatan tulang dan otak. Akumulasi aluminium dalam tubuh bisa merusak imunitas tubuh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Unik! Ada Masakan Padang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com