Makan Enak di Era Baru

Canggih! Restoran Ini Pakai Sistem Kode QR untuk Deteksi Virus Corona

Riska Fitria - detikFood Senin, 15 Jun 2020 15:00 WIB
Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk detekso virus corona Restoran di Jepang pakai sistem kode QR untuk deketsi virus corona Foto: KYODO
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
Jakarta -

Kembali buka di masa new normal, restoran di Osaka, Jepang pasang kode QR. Kode ini dibuat khusus untuk melacak infeksi virus corona.

Jepang telah mencabut aturan lockdown dan sepakat menetapkan new normal untuk melanjutkan kehidupan sebagaimana mestinya. Tempat umum seperti restoran, kafe, bar, dan klub malam di distrik hiburan malam pun telah dibuka kembali.

Namun, segala antisipasi tetap dilakukan agar terhindar dari paparan virus corona. Seperti yang dilakukan oleh restoran di Osaka, Jepang.

Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk detekso virus coronaIlustrasi Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk deteksi virus corona Foto: iStock

Bentuk pencegahan itu terbilang canggih, yakni dengan memasak sistem kode QR yang nantinya dapat melacak infeksi virus corona. Kode QR tersebut dikelola oleh prefektur di Osaka.

Untuk menggunakan kode QR itu, restoran, bar atau kafe lebih dulu mendaftarkan data bisnis mereka ke prefektur. Nantinya, mereka akan dikirimkan kode QR yang dapat dicetak dan ditempel di pintu masuk mereka.

Baca Juga : Protokol Baru New Normal Restoran Berbintang Hingga Rumah Makan

Para pengunjung dapat menggunakan smartphone mereka untuk memindai kode QR. Setelah berhasil memindai, pengunjung akan diarahkan ke formulir pendaftaran online untuk memberikan alamat email mereka.

Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk detekso virus coronaIlustrasi restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk deteksi virus corona Foto: iStock

Jika nanti ditemukan seseorang yang berada di tempat yang sama telah terinfeksi virus corona, pelanggan yang terdaftar akan menerima pemberitahuan melalui email. Pengunjung juga dapat menghubungi prefektur untuk informasi lebih lanjut.

"Dengan mendaftarkan diri ke sistem kode QR, kita dapat melacak infeksi dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk kemungkinan adanya gelombang kedua virus corona," tulis Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura dalam cuitannya di Twitter.

Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk detekso virus coronaIlustrasi Restoran di Jepang pasang sistem kode QR untuk detekso virus corona Foto: iStock

Dilansir dari Japan Times (02/06) sistem ini bersifat sukarela. Namun, tempat-tempat umum seperti restoran, bar, kafe, klub malam, ruang konser, museum, pachinko mahjong dan bioskop dianjurkan untuk mendaftarkan sistem kode QR.

Selain itu, sistem kode QR ini juga akan diperkenalkan di banyak acara indoor maupun outdoor sebagai bentuk antisipasi adanya gelombang kedua virus corona.

Baca Juga : Buka Kembali, 5 Restoran di Jakarta Ini Terapkan Protokol New Normal



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru