ADVERTISEMENT

Mengenal Sego Berkat, Nasi Bungkus Daun Jati yang Populer untuk Hajatan

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 15 Jun 2020 06:00 WIB
Sego berkat
Foto: dok. detikFood/Yenny Mustika Sari

4. Pembungkus Sego Berkat

Sego berkatSego berkat Foto: dok. detikFood/Yenny Mustika Sari

Sego berkat yang disajikan sederhana untuk hajatan oleh masyarakat Jawa Tengah ini sangat dicintai warganya. Untuk membuatnya pun sangat mudah asal ada beberapa lauk pelengkap, sego berkat bisa dihidangkan. Kuncinya juga terdapat di bahan pembungkusnya agar rasanya makin nikmat.

Warga Pacitan dan Wonogiri biasanya menggunakan daun jati sebagai pembungkusnya. Daun ini mudah sekali ditemui di sana, ukurannya juga lebar-lebar. Banyak orang yang mengatakan kalau aroma sego berkat yang dibungkus dengan daun jati terasa berbeda. Makin membuat lahap yang menyantapnya.

Selain daun jati, banyak juga yang menggunakan daun pisang. Namun kini karena telah berkembangnya zaman, sego berkat banyak dikemas dengan kertas minyak pembungkus nasi. Ada juga yang dikemas menggunakan besek plastik atau wadah kardus.

5. Mantan Presiden SBY Pernah Mampir Beli Sego Berkat

SBY kembali menciptakan lagu yang bertujuan untuk memberikan semangat di tengah pandemi virus corona COVID-19. Lagu ini pun dinyanyikan oleh sederet penyanyi Tanah Air. Mulai dari Yuni Shara, Sandhy Sondoro, hingga Lala Karmela. Seperti apa?SBY Foto: 20detik

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merupakan orang asli Pacitan, Jawa Timur. Tempat dimana sego berkat ini berasal. Pastinya beliau sudah tak asing lagi dengan menu satu ini dan menyukainya.

Saat kunjungannya ke Yogyakarta 3 tahun lalu, SBY begitu beliau kerap disapa sempat menyambangi salah satu Rumah Makan yang menjual sego berkat. Tempat tersebut adalah Rumah Makan Bu Tiwi Tan Tlogo yang berada di kawasan Jalan Wonosari.

Pemilik rumah makan tersebut mengaku kerap dikunjungi oleh SBY karena beliau sangat menyukainya. Lauk favoritnya adalah tempe kedelai dan selalu membungkus beberapa untuk dibawa pulang ke Pacitan. Beliau juga senang minum teh poci gula batu saat mampir ke rumah makan tersebut.


(adr/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT