Mengenal Sego Berkat, Nasi Bungkus Daun Jati yang Populer untuk Hajatan

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 15 Jun 2020 06:00 WIB
Sego berkat Foto: dok. detikFood/Yenny Mustika Sari

2. Disajikan Untuk Hajatan

Sego berkatSego berkat Foto: dok. detikFood/Yenny Mustika Sari

Jika biasanya saat mengundang tamu ke hajatan atau acara pernikahan akan disediakan souvenir berupa pernak-pernik, namun tidak dengan masyarakat Jawa. Mereka akan menerima sego berkat untuk dibawa pulang.

Setiap orang akan menerima satu bungkus sego berkat yang dibungkus godhong jati (daun jati). Walaupun tampilannya sederhana, namun sego berkat bisa dikatakan sebagai ungkapan terima kasih dari tuan rumah untuk para tamunya.

Tak hanya acara pernikahan saja, untuk khitanan juga biasanya disajikan. Masyarakat Jawa juga biasanya menyediakan sego berkat tersebut untuk acara selamatan yang mengumpulkan orang banyak.

3. Lauk yang Disajikan dalam Sego Berkat

Sego berkatSego berkat Foto: dok. detikFood/Yenny Mustika Sari

Tampil sederhana dengan bungkus daun jati, lauk yang disajikan juga tak kalah sederhana. Untuk nasi yang digunakan biasanya nasi putih. Namun ada beberapa orang yang menggunakan nasi campur tiwul (terbuat dari singkong untuk pengganti beras) dan nasi jagung.

Untuk lauknya biasanya terdiri dari 3 macam lauk sederhana. detikFood sempat menyambangi tempat produksi sego berkat khas Wonogiri di Cengkareng, Jakarta Barat, dan mencari tahu tentang lauk yang digunakan. Ibu Murni penjual sego berkat tersebut menggunakan lauk berupa bihun goreng, oseng lombok (oseng kentang dan cabai) dan semur daging.

Ada juga pilihan terik tahu dan telur. Terik merupakan istilah untuk baceman khas Wonogiri yang tak menggunakan kecap manis dan warnanya tidak terlalu gelap. Terik juga tidak digoreng, jadi masih dalam kondisi basah namun rasanya nikmat.

Baca Juga: Uenak Tenan! Sego Berkat Bu Murni yang Jadi Obat Rindu Kampung Halaman

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com