William Wongso Beri Tips Jualan Makanan di Tengah Pandemi COVID-19

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 13 Jun 2020 12:30 WIB
William Wongso Foto: dok. William Wongso
Jakarta -

William Wongso ajak masyarakat tetap optimis hadapi new normal. Bagi kamu yang mau jualan makanan, ada tips penting untuk disimak.

Pakar kuliner William Wongso tak menampik pandemi COVID-19 mengubah banyak hal, termasuk kehidupan sehari-harinya. "Tahun lalu praktis 60% jalan terus kemana-mana. Dengan pandemi ini, 0%, nggak kemana-mana," kata William pada detikcom melalui video singkat.

Hanya saja pria 73 tahun ini mengatakan, "Dalam situasi ini kita harus tetap hidup. Ada quote dari Jack Ma, 'Kalau tahun ini Anda sehat, itu berarti cuan atau untung,'" tambahnya.

Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera BaratWilliam Wongso saat menemani Gordon Ramsay di Sumatera Barat Foto: National Geographic

Baca Juga: Mencari William Wongso, Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumbar

Willian menambahkan, new normal membuat orang-orang harus menerima keadaan. "Kita masuk era ini. Apa yang bisa kita lakukan? Keuntungan di Indonesia ini tidak seperti di Singapura, semua ibu-ibu yang bisa masak, bisa berusaha dari rumah," katanya.

Chef yang menguasai teknik masakan Asia dan Eropa ini juga menyoroti keuntungan lain dimana netizen di Indonesia sangat mendukung usaha kuliner. Ia berujar, "Mereka bergotong-royong, membantu memperkenalkan makanan mana yang baik. Ibu-ibu pada menawarkan (makanan) dengan buka pre order (PO)."

lemper aneka isianLemper aneka isian Foto: Instagram

Namun dalam berjualan makanan, William berpesan agar penjual memiliki spesialisasi. "Jangan segala macem (dijual) karena fasilitas di rumah sangat terbatas. Menggunakan spesialisasi dan menentukan kapasitas produksi," pesannya.

Ia mengatakan, "Kalau sehari bisa bikin 50 lemper, kasih tahu lempernya sudah terjual habis dan pesanlah besok."

Baca Juga: Tambah Wawasan Kuliner Bisa Lewat IG Live William Wongso

Live Streaming William WongsoLive Streaming William Wongso Foto: Instagram @williamwongso

Selama di rumah saja, William mengatakan ada sisi positif dimana ia bisa memakai teknologi yang sebelumnya tidak pernah dipakai. "Misalnya menggunakan live chat untuk mengobrol dengan teman-teman di dalam dan luar negeri. Bagaimana menghadapi situasi lockdown, bagaimana menghindar dari terinfeksi covid. New normal juga bisa mengajar pengetahuan tentang makanan lewat fasilitas-fasilitas ini," ujarnya.

Di akhir video, William berpesan saat new normal manfaatkanlah kesempatan untuk hidup lebih baik. "Hidup lebih optimis untuk menghadapi situasi seperti ini. Yang penting tetap ikuti protokol COVID-19," pungkasnya.



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)