Wow! Bungkus Makanan Ini Terbuat dari Wortel yang Enak Dimakan

Riska Fitria - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 16:00 WIB
- Foto: The Nation/Asia News Network/iStock
Jakarta -

Sebuah penelitian di Thailand berhasil menciptakan bungkus makan yang ramah lingkungan. Terbuat dari wortel dan bisa dimakan juga.

Banyaknya limbah menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi setiap negara. Bungkus makanan bekas menjadi salah satunya karena kebanyakan terbuat dari plastik yang membuatnya sulit terurai.

Namun, masalah itu sudah terpecahkan. Berkat sebuah penelitian yang dilakukan di Thailand, Departemen Pertanian di sana telah meluncurkan bungkus makanan yang ramah lingkungan.

-- Foto: The Nation/Asia News Network/iStock

Bungkus makanan itu terbuat dari wortel, jenis sayuran yang bergizi untuk disantap. Menurut Sermsuk Salakphet, Direktur Jenderal ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi sampah plastik.

"Jadi divisi penelitian departemen mencari alternatif ramah lingkungan dan menemukan bahwa wortel adalah kandidat yang paling cocok untuk membuat bungkus makanan," ujar Sermsuk Salakphet.

Uniknya lagi, karena terbuat dari wortel, bungkus makanan ramah lingkungan ini juga bisa dimakan, seperti yang dilansir dari AsiaOne (10/06).

-- Foto: The Nation/Asia News Network/iStock

Baca Juga : Ramah Lingkungan, Supermarket di Bali hingga Vietnam Pakai Kemasan Daun pisang

Sebelumnya, mereka telah melakukan penelitian dengan menguji berbagai jenis buah dan sayuran dengan kandungan pektin, selulosa, dan pati yang tinggi seperti kol ungu, tomat, mangga.

Jenis buah dan sayuran itu kemudian digiling dan dihaluskan dan ditipiskan untuk menjadi bungkus makanan. Sermsuk mengatakan bahwa wortel sangat tepat untuk dijadikan bungkus makanan ramah lingkungan.

"Wortel pada konsentrasi 30% menghasilkan hasil terbaik untuk elastisitas dan kekuatan. Kami juga menambahkan zat yang dapat dimakan lainnya untuk meningkatkan daya tahan pembungkus, termasuk 3 persen alginat dan 3,75% xyllitol," tutur Sermsuk.

-- Foto: The Nation/Asia News Network/iStock

Lebih lanjut, Sermsuk juga menyebut bahwa bungkus makanan dari wortel ini cocok untuk membungkus produk buah yang diawetkan dan akan bertahan hingga dua bulan.

"Selain itu, bungkus makanan ini sangat bergizi dengan 3,465 mikrogram beta karoten per bungkus," tambah Sermsuk.

Bungkus makanan dari wortel ini sepenuhnya biodegradable sehingga dampaknya nol terhadap . Tak hanya itu, tetapi juga baik untuk kesehatan dan bisa jadi alternatif yang lebih baik bagi konsumen yang sadar kesehatan.

Sementara tim penelitian telah mendaftarkan paten untuk bungkus makanan wortel. Bungkus makanan itu juga akan segera diproduksi komersial.

Baca Juga : Siswa di Kudus Bikin Pembungkus Makanan yang Bisa Dimakan



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)