Makan Enak di Era Baru

Restoran Buffet Mulai Buka, 5 Protokol Ini Bikin Pengunjung Makin Nyaman

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 16:30 WIB
restoran all you can eat Foto: iStock
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
Jakarta -

Restoran buffet kini mulai kembali buka. Ada sejumlah protokol yang diterapkan pihak restoran supaya pengunjung tetap aman dan nyaman saat bersantap.

Restoran buffet jadi salah satu restoran yang paling dirindukan banyak orang selama pandemi virus Corona. Pasalnya pengunjung berkesempatan makan sepuasnya dengan pilihan menu beragam. Namun sayang, saat virus berbahaya ini merebak, praktek makan di restoran buffet dinilai berisiko menularkannya.

Banyak restoran buffet tutup sementara, apalagi ada contoh nyata dimana satu keluarga di Hong Kong terinfeksi virus Corona usai makan di restoran buffet bermenu hotpot. Namun kini dengan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan, restoran buffet sudah kembali bisa beroperasi.

Terdapat banyak perubahan dan prosedur tambahan di restoran buffet untuk menghadirkan pengalaman bersantap yang aman dan nyaman. detikFood merangkum serba-serbi protokol yang sudah diterapkan restoran buffet di era new normal.

1. Protokol untuk restoran

Masker wajah kreatif pegawai restoFoto: AFP

Dikutip dari ABS CBN News (9/6), jaringan restoran buffet Vikings yang terkenal di Manilla secara resmi membuka kembali restorannya. Pihak restoran membuat video berisikan protokol yang harus dipatuhi para pegawai dan pengunjung selama bersantap. Untuk pegawai restoran, mereka harus mengecek suhu tubuh dan mencuci tangan sebelum masuk.

Selanjutnya, kenakan seragam bersih beserta alat pelindung diri seperti masker wajah, face shield, dan sarung tangan. Pegawai restoran juga bertugas membersihkan seluruh area restoran secara rutin. Mendesinfeksi meja dan kursi wajib dilakukan sebelum pelanggan datang. Selain itu, pihak restoran memastikan adanya tanda-tanda social distancing di area bersantap.

Misalnya satu meja yang biasanya isi empat pengunjung, hanya boleh diisi dua orang. Untuk mengingatkannya, diberi tempelan stiker yang mudah dikenali. Selain itu, ada petunjuk jarak di lantai guna mencegah pengunjung saling berdekatan saat melihat-lihat makanan di area restoran buffet.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru
FOKUS BERITA Makan Enak di Era Baru