5 Fakta Ssam, Cara 'Membungkus' Daging BBQ Korea dengan Daun Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 12:00 WIB
5 Fakta Seputar Ssam Foto: iStock

4. Daun Perilla

5 Fakta Seputar 'Ssam'5 Fakta Seputar 'Ssam' Foto: iStock

Selain selada, masih banyak lagi jenis daun yang dapat dijadikan untuk menikmati ssam. Salah satunya perilla yang biasa digunakan untuk ramuan obat. Namun karena aromanya yang wangi, perilla juga bisa digunakan untuk campuran penyedap masakan.

Perilla juga kerap disebut dengan 'basil dari Tiongkok' karena aromanya yang wangi. Tak kalah sehat dari selada, perilla juga mengandung banyak nutrisi baik. Setidaknya dalam 100 gram daun perilla terdapat 37 kalori, 1 gram lemak, 7 gram karbohidrat, 7 gram serat, vitamin C, dan kalsium.

Daun wangi satu ini ternyata bisa dijadikan ssam, bahkan banyak yang menggemarinya. Biasanya ssam jadi pembungkus untuk nasi, daging, dan kimchi. Bisa juga dipadukan dengan daun selada untuk dijadikan ssam.

5. Ssamjang

5 Fakta Seputar 'Ssam'5 Fakta Seputar 'Ssam' Foto: iStock

Tak hanya daun segar saja yang jadi elemen utama dalam 'ssam'. Ssam juga lebih enak jika dapat ditambahkan pelengkap makanan lainnya. Seperti bawang putih mentah, kimchi, banchan, dan saus cocol khas Korea yaitu ssamjang.

Pecinta BBQ khas Korea pastinya sudah tak asing lagi dengan saus cocol satu ini. Ssamjang terbuat dari campuran bumbu gochujang, doenjang, bawang putih, bawang bombai, minyak wijen, daun bawang, dan gula.

Untuk menikmatinya Anda bisa mengambil satu lembar daun selada, daging panggang, nasi, kimchi, dan bawang putih. Lalu bungkus menjadi satu untuk menyantapnya. Saus cocol khas Korea ini tak boleh ketinggalan untuk menikmati ssam karena akan membuat rasanya makin nikmat.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com