5 Fakta Ssam, Cara 'Membungkus' Daging BBQ Korea dengan Daun Segar

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 12:00 WIB
5 Fakta Seputar Ssam Foto: iStock
Jakarta -

Saat melahap BBQ Korea sering kali daging dibungkus daun selada. Hal ini dikenal sebutan ssam. Yuk, kenali lebih jauh seputar ssam!

Makanan khas Korea sangat beragam, beberapa menunya sudah umum dan banyak digemari di Indonesia. Seperti tteokbokki, kimbab, hingga BBQ khas Korea yang restonya banyak tersebar di sini. BBQ Korea jadi pilihan populer untuk orang Indonesia nikmati saat berkumpul dengan teman atau keluarga.

Tak hanya soal dagingnya saja, BBQ Korea punya banyak hal yang menarik untuk dibahas. Seperti bumbu pelengkap untuk makan dagingnya, makanan pelengkap untuk menikmati BBQ, hingga cara makan yang disebut dengan 'ssam'.

Ssam tak hanya sekedar membungkus daging dengan selada. Namun ada juga cara memakannya yang benar dan bahan makanan pelengkap untuk menikmati ssam. Tak ketinggalan soal jenis daun segar yang bisa digunakan untuk menikmati ssam.

Dilansir dari Kimchimari (17/10), berikut 5 fakta menarik seputar ssam yang harus diketahui pencinta makanan Korea.

Baca Juga: 5 Fakta Sehat Kimchi, Sayuran Fermentasi dari Korea yang Mendunia

1. Apa itu Ssam?

5 Fakta Seputar 'Ssam'5 Fakta Seputar 'Ssam' Foto: iStock

Ssam merupakan istilah dari bahasa Korea yang artinya 'membungkus'. Biasanya untuk membungkus makanan, ssam menggunakan beberapa daun segar. Seperti selada, perilla, daun mustard, dan lainnya.

Tak hanya untuk membungkus daging BBQ saja, ssam juga bisa untuk membungkus makanan lainnya. Seperti ikan, nasi, bahkan sayuran yaitu kimchi. Ssam diangap cara makan yang sehat karena membungkus aneka makanan dengan daun segar.

Daun-daun segar tersebut pastinya mengandung banyak nutrisi baik di dalamnya. Salah satunya serat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Jadi tak heran kalau orang Korea banyak yang tampil bugar walaupun makan dalam jumlah banyak, karena mereka gunakan sayuran segar setiap kali menyantap makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com