Ini White Jewel, Stroberi Putih yang Harganya Rp 140 Ribu Per Buah

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 10 Jun 2020 14:30 WIB
Stroberi Putih (White Jewel) yang Harganya Mahal Foto: andnowuknow.com
Jakarta -

Biasanya berwarna merah, stroberi di Jepang ini warnanya putih. Dinamakan White Jewel, harga per buah stroberi unik ini mencapai Rp 140.000. Apa istimewanya?

Stroberi merupakan buah yang bisa hidup di pot dalam suhu yang dingin. Stroberi juga jadi salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Buah ini memiliki ciri berwarna merah terang dengan rasa asam manis dan segar.

Dilansir dari Mashed (8/6), di Jepang ada stroberi yang warnanya putih seperti susu. Bagian dalam daging buahnya juga berwarna putih. Sekilas mirip dengan pineberry, buah mirip stroberi dan berwarna putih.

Stroberi Putih (White Jewel) yang Harganya MahalStroberi Putih (White Jewel) yang Harganya Mahal Foto: Mashed

Tapi buah satu ini adalah Strawberry White Jewel yang merupakan hasil persilangan karya Yasuhito Teshima. Buah ini ukurannya jauh lebih besar dari stroberi pada umumnya. Beratnya bisa mencapai 50 gram per buahnya.

Teksturnya juga jauh lebih lembut dan rasanya lebih manis. Bahkan banyak yang menyebutkan kalau rasa manisnya seperti permen dengan sedikit sentuhan rasa nanas.

Baca Juga: Lemato dan Jerpaya, Hasil Silang Buah yang Unik

Yasuhito Teshima, petani yang membuat stroberi putih tersebut mengaku kalau dirinya menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menciptakan buah tersebut. Hingga hasilnya buah stroberi putih tersebut punya ukuran yang besar dan warna putih yang merata.

Stroberi putih yang juga punya nama Jepang 'Shiroi Houseki' ini, jadi salah satu komoditas buah mahal. Buah tersebut juga sangat populer dan disebut-sebut menjadi buah langka.

Stroberi Putih (White Jewel) yang Harganya MahalStroberi Putih (White Jewel) yang Harganya Mahal Foto: andnowuknow.com

Teshima juga menjelaskan kalau buah stroberi yang ditanam di kebun miliknya yang berlokasi di Prefektur Saga, Jepang tersebut jadi satu-satunya tempat di dunia yang menghasilkan stroberi putih ini. Bagaimana tidak mewah kalau harga satuannya saja lebih mahal daripada satu paket stroberi merah biasa?

Jika stroberi merah pada umumnya dijual dengan harga sektiar 646 yen (Rp 84.802) per 1 ons, stroberi putih (Strawberry White Jewel) dibanderol 1.077 yen (Rp 141.381) per buahnya. Harganya bisa mencapai 4.311 yen (Rp 565.863) untuk paket kecil Strawberry White Jewel.

Baca Juga: Ini 6 Fakta Buah Strawberry Putih yang Berharga Fantastis



Simak Video "Masak Masak: Resep Selai Stroberi Rumahan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com