Tak Habis Diminum, Sisa Seduhan Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 5 Hal Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 18:30 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Manfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

2. Pupuk Tanaman

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Selain untuk bagus untuk pertumbuhan rambut, sisa seduhan kopi juga bagus untuk pertumbuhan tanaman. Coffee Direct menyebut bahwa sisa kopi kopi yang encer dapat bermanfaat untuk kesehatan tanaman.

"Saat diseduh, kopi hitam mengandung kalium dan magnesium, kopi ini bertindak sebagai nutrisi bagi tanaman yang memungkinkan batangnya lebih kuat dan lebih hijau," ujar Coffee Direct.

Untuk menggunakan sisa seduhan kopi sebagai pupuk caranya adalah dengan mengencerkan kopi hitam yang diseduh sehingga menjadi rasio 1:4 (kopi:air). Tuangkan kopi tersebut sekali dalam seminggu. Pastikan untuk tidak mencampur dengan pemanis agar tidak mengundang hama.

Baca Juga : Konsumsi Kopi Tanpa Gula, Ini 9 Manfaatnya

3. Membesihkan Noda Kayu

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Kamu juga dapat memanfaatkan sisa seduhan kopi untuk membersihkan noda pada barang-barang furniture yang berbahan kayu. Coffee Direct mengatakan bahwa kopi bahkan dapat memberikan warna karamel yang indah pada kayu.

"Kopi bereaksi dengan tanin dalam kayu untuk membantu mengurangi noda hitam dan memberi warna kayu yang seragam," ujar Coffee Direct.

Cara mengaplikasikannya juga mudah, yaitu amplas permukaan kayu dan gunakan lap untuk melapisi sisa seduhan kopi pada kayu secara merata. Jika kamu menginginkan warna yang lebih gelap, maka kamu membutuhkan lebih banyak kopi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nggak Cuma Diminum, Kopi Juga Bisa Jadi Parfum Lho!"
[Gambas:Video 20detik]