Bukan Hanya Buahnya, Biji Kurma Juga Bisa Dimakan dan Kaya Khasiat

Devi Setya - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 10:30 WIB
biji kurma Foto: istimewa
Jakarta -

Buah kurma sudah lama dikenal sebagai buah dengan sejuta manfaat. Ternyata bukan hanya buahnya, biji kurma pun bisa dikonsumsi dan memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kalau suka makan kurma, jangan buang bijinya karena bisa jadi obat berbagai penyakit. Secara tradisional bahkan biji kurma sudah diolah menjadi produk minyak yang kata khasiat.

Tak hanya itu, biji kurma juga kerap diolah menjadi kopi. Berbeda dengan kopi biasa, kopi biji kurma mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti mengontrol gula darah, obat pencahar hingga meningkatkan nafsu makan.

Berikut beberapa khasiat biji kurma untuk kesehatan


1. Kandungan nutrisi biji kurma

biji kurmabiji kurma Foto: istimewa


Biji kurma merupakan produk sampingan dari buah kurma dan sebagian besar diproduksi di Timur Tengah dan terutama di Uni Emirat Arab. Biji kurma biasanya dibuang, atau digunakan sebagai bahan pakan ternak. Namun karena khasiatnya yang banyak, biji kurma kini diolah menjadi berbagai produk.

Dilansir dari Health Benefit Times (8/6) biji kurma mengandung berbagai nutrisi seperti karbohidrat, serat, lemak, abu dan protein. Selain itu, kandungan antioksidan dalam biji kurma yang sudah diolah jadi minyak, disebut-sebut mirip dengan minyak zaitun.

Biji kurma merupakan benih yang dilapisi kulit keras, biasanya berbentuk lonjong dan memiliki embrio kecil. Satu buah kurma memiliki berat sekitar 4-6 gram atau sekitar 20 persen dari berat total buah kurma. Namun hal ini dipengaruhi juga dengan jenis buah kematangan dan varietas buah kurma.

Baca juga : Jangan Buang Biji Kurma, Tanamlah dengan Cara Ini di Indonesia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3