Bukan Dari Ikan, Kaviar Khas Meksiko Berasal dari Telur Semut

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Jun 2020 19:30 WIB
Telur Semut Meksiko Foto: Lafoodbowl/Ist
Jakarta -

Jika kaviar biasanya terbuat dari telur ikan sturgeon, tapi di Meksiko kaviar yang populer di sana justru berasal dari telur semut.

Masuk ke dalam salah satu makanan paling mahal di dunia, kaviar dari telur ikan sturgeon dianggap sebagai makanan mewah. Namun di Meksiko, kaviar yang disukai justru terbuat dari telur semut yang dikenal dengan nama escamoles.

Escamoles merupakan hidangan khas Meksiko yang terbilang aneh namun cukup mahal karena hanya bisa ditemui di restoran dengan konsep fine dining.

Dilansir dari Atlas Obscura (08/06), berikut lima fakta menarik seputar escamoles.

Baca Juga: Berani Coba? Makanan Aneh, Bola Mata Tuna hingga Sup Telur Semut!

1. Digemari di Meksiko

Telur Semut MeksikoTelur Semut Meksiko Foto: Lafoodbowl/Ist

Sama seperti ikan sturgeon, semut juga memiliki telur yang bisa dimakan dan harganya cukup mahal di Meksiko. Di negara ini pupa dan larva dianggap sebagai makanan enak yang populer.

Telur semut ini biasanya diolah menjadi escamoles atau disebut juga sebagai larva semut. Hidangan yang satu ini berasal dari Meksiko Tengah dan disukai suku Aztec, bisa juga disebut dengan nama kaviar serangga.

Escamoles ini tampilannya seperti salad, bagian telur semut digoreng hingga garing kemudian ditumis dengan bumbu dan rempah lainnya. Teksturnya renyah ketika digigit yang membuat orang Meksiko tak bisa berhenti makan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]