5 Nenek Usia 100 Tahun Ini Sembuh dari Corona, Intip Rahasia Makannya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 08 Jun 2020 16:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Nenek usia 100 tahun asal Surabaya berhasil sembuh dari virus Corona. Begitu juga dengan nenek di luar negeri ini. Ada makanan yang bikin mereka semangat sembuh dari virus Corona.

Virus Corona bisa menginfeksi siapa saja, mulai dari anak kecil hingga lansia. Mereka yang sudah berusia lanjut bahkan lebih berisiko terkena virus berbahaya ini. Tak jarang para nenek di rentang usia 90-100 tahun dinyatakan positif COVID-19.

Kejadian ini ada di Indonesia hingga di Inggris. Para nenek yang sudah mengalami keterbatasan fisik harus 'berhadapan' dengan virus Corona. Beruntung mereka bisa sembuh karena pengobatan yang tepat dan dukungan dari keluarga.

Selain itu, 5 nenek di kisaran usia 100 tahun ini memiliki makanan favorit yang bantu mereka sembuh dari virus Corona. Mulai dari sup kentang sampai minuman alkohol, ini makanan pilihan mereka:

1. Sayur sop dan kentang rebus

nenek kamtin sembuh covid-19Foto: Istimewa


Nenek Kamtin di Krembangan, Surabaya jadi perbincangan hangat lantaran di usia 100 tahun ia positif virus COVID-19. Beruntung nenek Kamtin dinyatakan sembuh dan kini dalam kondisi yang sangat sehat.

Dikutip dari detikcom (8/6), menantu nenek Kamtin yang bernama Siti Aminah mengatakan nenek Kamtin jalani pola makan sehat. Ia makan tiga kali sehari namun dalam porsi sedikit lantaran memang sudah sepuh.

Nenek Kamtin tidak terlalu suka gorengan. Ia lebih memilih makan sayur-sayuran. "Sukanya sayur sop, wortel itu suka. Sukanya makan makanan sehat. Jadi kami atur pola makannya. Kadang untuk camilannya saya belikan ketela, yang rebus-rebusan. Sedikit, tapi ndak banyak begitu," ungkap Siti Aminah.

Baca Juga: Menengok Nenek Usia 100 Tahun di Surabaya yang Sembuh dari COVID-19


2. Champagne
Di usia 104 tahun, seorang nenek di Inggris mengaku sembuh dari virus Corona karena champagne. Nenek yang tinggal di panti jompo ini bahkan sembuh dari virus berbahaya tersebut hanya dalam 10 hari.

Awalnya dokter sudah mengatakan pada pihak keluarga bahwa peluang sembuh nenek bernama Jane Collins ini sangat rendah mengingat usianya. Namun dengan pengobatan intensif, kondisinya semakin membaik.

Collins mengatakan setelah keluar dari rumah sakit ia malah merasa lebih sehat dan kuat. "Saya memang masih sedikit lelah tapi saya sangat menyukai kue dan champagne," jelasnya. Champagne sendiri merupakan minuman anggur putih khas Prancis. Tergolong minuman alkohol, champagne justru jadi rahasia panjang umur Collins.

Baca Juga: Nenek 104 Tahun Ini Sembuh dari Corona Karena Rajin Minum Champagne

3. Olesan jeruk (marmalade)

Nenek 99 tahun sembuh dari corona karena marmalade Foto: SWNS


Masih dari Inggris, ada nenek bernama Rita Reynolds yang juga sembuh dari virus Corona di usia 99 tahun. Keluarganya sempat berseloroh ia bisa sembuh karena sandwich marmalade, roti dengan olesan jeruk kesukaannya.

Secara ilmiah, peneliti di Indonesia pernah menyarankan konsumsi marmalade. Olesan ini terbuat dari kulit jeruk yang tinggi kandungan hesperidin. Manfaatnya, bisa meningkatkan imunitas tubuh yang diperlukan untuk melawan virus Corona.

Nenek Reynolds juga suka makan biskuit. Keluarga menyebut ia makan sandwich marmalade dan biskuit selama masa pemulihan, namun dua makanan ini bukanlah obat. Dilihat dari pola hidupnya, ia tergolong sehat karena tak merokok selama hidupnya.

Baca Juga: Nenek 99 Tahun Sembuh dari Corona Berkat Olesan Jeruk dan Biskuit

4. Sup kentang
Nenek bernama Geneva Wood dirawat karena positif COVID-19 pada awal Maret 2020. Namun ia dinyatakan sembuh sekitar hampir sebulan setelahnya. Nenek Wood mengucapkan syukur pada Tuhan, keluarga, dan sup kentang.

Kabarnya kondisi kesehatan nenek Wood signifikan membaik usai menikmati sup kentang. Sup ini bukan obat virus Corona melainkan hanya memberi efek tenang sehingga imun tubuh meningkat.

Resep sup kentang didapat Wood dari ibunya. Sang anak lalu memasakkan sup kentang itu untuk dibawakan ke Wood di rumah sakit. Bahannya sederhana seperti bawang bombai, susu, dan lada hitam.

Baca Juga: Nenek 90 Tahun Sembuh dari Virus Corona Setelah Makan Sup Kentang

5. Bir

-- Foto: Istimewa


Jennie Stejna adalah nenek 103 tahun di Amerika Serikat yang juga berhasil sembuh dari COVID-19. Ia lantas jadi perbincangan karena foto-fotonya minum bir tersebar di internet. Nenek Stejna pilih minum bir untuk merayakan kesembuhannya.

Selama tiga minggu nenek Stejna berjuang melawan virus Corona. Ia ternyata memiliki semangat hidup yang tinggi hingga bisa cepat sembuh. Para dokter lalu mengizinkan ia merayakan kesembuhan dengan minum bir.

Nenek Stejna menenggak satu botol bir Bud Light yang langsung diminumnya di atas tempat tidur. Ia memang sudah lama mendambakan minum bir yang merupakan favoritnya itu.

Baca Juga: Sembuh Dari COVID-19, Nenek 103 Tahun Ini Rayakan dengan Minum Bir



Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)