Petani Ini Pecahkan Rekor Tanam Pohon Ketumbar Tertinggi di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Senin, 08 Jun 2020 09:00 WIB
- Foto: Istimewa
Jakarta -

Berhasil tanam pohon ketumbar paling tinggi di dunia, petani asal India ini berhasil pecahkan rekor dunia dan namanya tercatat di Guinness Book of World Records.

Seorang pertani bernama Gopal Dutt Upreti asal Almora, Uttarakhand, India baru saja memecahkan rekor dunia karena keterampilannya. Ia berhasil menanam tumbuhan ketumbar yang tingginya mencapai 2,16 meter.

Baca Juga: 5 Perusahaan Makanan Raksasa di Dunia Ini yang Kuasai Pasar Global

coriander seeds in wooden spoon isolated on white background top viewcoriander seeds in wooden spoon isolated on white background top view Foto: iStock

Dilansir dari Latestly (07/06), Gopal merupakan petani organik yang menggunakan metoder pertanian Himalaya yang masih tradisional.

Menurut catatan yang ada, Dutt mendaftarkan dirinya sebagai kandidat Guinness Book of World Records pada bulan April lalu setelah sukses menanam ketumbar yang mencapai dua meter lebih.

"Beberapa hari yang lalu saya dapat kabar dari situs Guinness bahwa pendaftaran saya disetujui dan nama saya sudah dicatat calam buku rekor dunia karena berhasil menanam tumbuhan ketumbar tertinggi di dunia," ungkap Gopal.

-- Foto: Istimewa

Gopal menjelaskan bahwa ia harus menyingkirkan pemegang rekor ketumbar sebelumnya di angka 1,8 meter. Untuk memastikan bahwa ketumbarnya ini memiliki tinggi lebih dari dua meter, ia mengundang pengawas pertanian dari Almora untuk mengukur ketumbarnya.

"Tumbuhan ketumbar tertinggi di dunia, ditanam oleh Gopal Upreti dari India setelah diukur pada tanggal 21 April 2020. Sebagai petani organik, Gopal selalu menanam ketumbar setiap tahunnya dengan metode tradisional yang memiliki tantangan tersendiri," jelas keterangan di situs Guinness.

-- Foto: Istimewa

Sukses menanam ketumbar yang masuk rekor dunia kini Gopal tengah menanam apel organik di kebunnya. Selain Gopal ada juga keluarga di desa Edamulakkal di India yang memiliki nangka terbesar di dunia dengan berat mencapai 51,4 kg.

Baca Juga: Nangka Terbesar di Dunia Ini Beratnya 51.4 Kg



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com