Beras Ketan dan Kopi Pernah Dibarter dengan Pesawat Tempur

Riska Fitria - detikFood Minggu, 07 Jun 2020 19:00 WIB
- Foto: Getty Images/iStock
Jakarta -

Barter kerap dilakukan oleh banyak negara untuk kepentingan negara itu sendiri. Uniknya makanan dibarter dengan alat pertahanan negara.

Barter merupakan sistem tukar menukar tanpa menggunakan uang. Sistem barter ini sudah ada sejak lama dan tidak hanya dilakukan oleh perorangan saja, melainkan juga perkumpulan.

Sebuah negara juga tak luput dari sistem barter dengan negara lainnya. Itu dilakukan untuk kepentingan negara itu sendiri, biasanya berkaitan dengan pertahanan negara.

Beberapa makanan yang merupakan produk lokal di tukar mulai dengan pesawat tempur hingga alat perang, berikut 5 sistem barter yang ada di dunia.

1. Beras Ketan Barter Pesawat

-- Foto: Getty Images/iStock

Barter antara beras ketan dengan pesawat pernah dilakukan oleh Indonesia. Pada tahun 1996 Industri Pesawat Terbang Indonesia (IPTN) menukarkan dua pesawat hasil produksinya dengan beras ketan dari Thailand.

Beras ketan yang ditukar itu ada sebanyak 110.000 ton. Barter antara keduanya itu dilakukan oleh IPTN bahwa pesawat hasil produknya bisa dijual dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Selain itu, juga untuk membangun reputasi di pasar yang baru. Barter tersebut dilakukan di bawah pengawasan Prof. BJ. Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]