Gemas! Koki 8 Tahun Ini Viral Karena Video Memasaknya

Sonia Basoni - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 14:00 WIB
Koki Cilik 8 Tahun Asal Myanmar Foto: AFP
Jakarta -

Koki cilik asal Myanmar ini jadi viral setelah video memasaknya menyebar di internet. Meski baru berusia 8 tahun tapi ia sudah mahir membuat berbagai hidangan khas Myanmar.

Dikenal dengan sebutan 'Little Chef', Moe Myint May Thu merupakan koki cilik berusia 8 tahun yang tinggal di Myanmar. Ia mulai belajar masak ketika sekolahnya diliburkan selama masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Wow! Meskipun Masih Belia, 5 Bocah Ini Sukses Jadi Koki Cilik Ternama

Koki Cilik 8 Tahun Asal MyanmarKoki Cilik 8 Tahun Asal Myanmar Foto: AFP

Untuk mengisi waktu luang, Moe mulai memasak berbagai hidangan sambil memberikan tutorial singkat lewat video yang direkam oleh sang ibu dan keluarganya. Hebatnya setiap video masak Moe bisa ditonton lebih dari dua ratus ribu kali.

"Saya little chef, nama saya Moe Myint May Thu dan saya suka memasak. Saya mulai memasak di rumah setelah sekolah libur karena COVID-19," jelas Moe dilansir dari SCMP (06/06).

Meski dalam waktu yang singkat, Moe sudah berhasil menguasai 15 hidangan enak. Seperti ikan kari tomat sampai kodok goreng. Tak ketinggalan ia juga jago mengajarkan orang-orang membuat hidangan Mohingya, yaitu menu sarapan khas Myanmar yang dibuat dari ikan lele rebus.

Koki Cilik 8 Tahun Asal MyanmarKoki Cilik 8 Tahun Asal Myanmar Foto: AFP

"Moe memasak makanan langsung, lalu mengirimkannya ke pembeli. Lalu mengumpulkan uang sendiri, aku hanya membimbingnya dan memberikannya semangat saja," jelas Honey Cho selaku sang ibu.

Moe memang menjual makanan buatannya ini dengan harga yang terjangkau. Untuk satu porsi makanan yang dimasaknya, Moe menghargainya 10,000 Kyat (Rp 100 ribu). Uang hasil dagangannya ini ia tabung untuk membeli anak anjing.

Koki Cilik 8 Tahun Asal MyanmarKoki Cilik 8 Tahun Asal Myanmar Foto: AFP

"Saya sangat senang ketika melihat orang-orang dari berbagai negara membagikan video masak Moe ditambah dengan komentar positif serta penuh semangat," pungkas Honey.

Selain Moe ada juga koki cilik bernama Omar Archane yang berasal dari Maroko. Ia viral setelah menderita penyakit langka bernama miopati yang melumpuhkan tubuhnya. Meski dalam keterbatasannya, Omar tetap semangat membuat berbagai makanan enak yang menggugah selera.

Baca Juga: Keren! Koki Cilik Ini Tetap Semangat Masak Meski Terkena Miopati



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)