Jagung hingga Kismis Jadi Umpan Unik Pancing Ikan

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 05 Jun 2020 18:30 WIB
Umpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock
Jakarta -

Memancing dibutuhkan umpan hingga metode yang pas untuk menangkap ikan. Banyak orang yang pakai cara unik untuk memancing ikan.

Memancing masuk ke dalam salah satu jenis hobi hingga olahraga luar ruangan yang digemari banyak orang di seluruh dunia. Ada yang mancing di danau, ada juga yang turun langsung di lautan.

Hampir setiap orang memiliki metode untuk menangkap ikan. Banyak juga yang pakai cara unik memancing ikan dengan mengubah umpan menjadi makanan yang lebih enak dari cacing dan makanan amis lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima cara unik memancing ikan yang populer.

Baca Juga: 5 Ikan Populer Ini Punya Tampilan Menyeramkan Padahal Rasanya Enak

1. Marshmallow

Umpan Unik Untuk Pancing IkanUmpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock



Marshmallow biasanya disajikan dengan lelehan cokelat atau dipanggang agar bagian dalamnya meleleh ketika digigit. Tapi siapa sangka permen manis yang satu ini juga digemari oleh ikan sampai dijadikan umpan.

Marshmallow memiliki daya tarik tersendiri bagi spesies ikan trout yang merupakan ikan air tawar. Disebut mirip seperti salmon, trout gampang terkecoh dan tertarik jika melihat kail berisi marshmallow.

Menurut banyak orang semakin wangi aroma marshmallow maka semakin banyak ikan yang datang. Selain marshmallow bisa juga menggunakan bawang putih yang punya aroma kuat dan digemari ikan trout.

2. Jagung Manis

Umpan Unik Untuk Pancing IkanUmpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock



Selain populer jadi camilan yang dicampur dengan susu dan keju, jagung manis juga berguna untuk umpan yang disukai ikan. Banyak nelayan hingga pemancing yang sengaja membawa jagung manis kalengan sebagai umpan mereka.

Jagung manis biasanya digunakan untuk memancing ikan mas yang bisa ditemukan di mana saja. Tampilan warna kuning cerah dan rasanya yang gurih manis membuat jagung jadi camilan favorit para ikan.

Akan tetapi memancing dengan jagung ini masih mengundang pro dan kontra. Beberapa wilayah di Amerika bahkan melarang para nelayan hingga pemancing menggunakan jagung sebagai umpan. Selain dapat membahayakan ikan, jagung juga merusak lingkungan di air.

3. Telur dan Minuman Bersoda

Umpan Unik Untuk Pancing IkanUmpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock



Selain jagung dan marshmallow ada juga umpan unik yang sering dipakai pemancing. Seorang YouTuber asal Thailand yang fokus mengunggah konten memancing dengan kanal 'Fishing KP' membagikan caranya membuat umpan.

Dalam video yang ada terlihat pria itu menggunakan telur bebek dan minuman bersoda. Ia memancing ikan-ikan ini bukan di laut atau danau melainkan di lubang tanah yang tergenang air. Biasanya di sekitar sawah.

Caranya cukup mudah, telur yang sudah dipecahkan bisa dimasukkan ke dalam lubang tanah kemudian tuangkan minuman bersoda ke dalamnya lalu aduk hingga rata. Setelah itu ikan-ikan akan muncul dengan sendirinya.

Baca Juga: Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman Soda

4. Ayam

Umpan Unik Untuk Pancing IkanUmpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock



Menangkap lele dibutuhkan keahlian dan kesabaran karena jenis ikan yang satu ini cukup sulit untuk ditangkap. Akan tetapi ikan lele memiliki kelemahan pada daging ayam yang berlemak atau bagian kulit ayam yang kenyal.

Selain itu banyak yang setuju bahwa menggunakan daging ayam yang lembut dan kenyal bisa menjadi kunci dari hasil tangkapan ikan yang banyak.

Selain bagian daging dan kulit yang disukai, ikan juga tertarik dengan liver dengan aroma amis yang mengundang hingga ampela ayam.

5. Kismis dan Permen Karet

Umpan Unik Untuk Pancing IkanUmpan Unik Untuk Pancing Ikan Foto: iStock



Tak hanya manusia saja yang suka kismis ternyata ikan juga doyan dengan buah-buahan kering. Selama beberapa tahun terakhir umpan dengan buah kering menjadi metode pancingan yang unik dan bisa menarik banyak ikan.

Kalau tak ada kismis bisa juga menggunakan permen karet yang bentuknya bola warna-warni, atau jenis permen karet manis lainnya. Caranya cukup mudah permen karet hanya perlu dikunyah beberapa menit sebelum ditempelkan ke kail.

Tapi jangan dikunyah terlalu lama karena ikan seperti lele dan trout paling suka makanan manis. Bisa juga menggunakan permen jelly atau gummy yang kenyal dan penuh warna.

Baca Juga: Dilanda Banjir, 5 Orang Ini Menikmati dengan Memancing Ikan



Simak Video "Bikin Pizza Nggak Ribet, Pakai Roti Tawar!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com