Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman Soda

Riska Fitria - detikFood Senin, 02 Des 2019 14:00 WIB
Foto: Youtube Fishing KP Foto: Youtube Fishing KP
Jakarta - Tak melulu pakai alat kail dan jala, memancing ikan juga bisa dilakukan dengan menggunakan telur dan minuman bersoda. Begini caranya agar dapat ikan banyak.

Melalui sebuah video yang diunggah di channel youtube bernama Fishing KP, seorang asal Thailand membagikan trik memancing tanpa menggunakan alat pancingan yang tak biasa, tetapi berhasil mendapatkan banyak ikan dengan mudah.

Jika biasanya memancing menggunakan kail dan jala, maka orang ini menggunakan bahan makanan dan minuman berupa telur dan minuman bersoda. Telur yang digunakan merupakan telur bebek sementara minuman bersodanya dari merek pepsi.
Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman SodaFoto: Youtube Fishing KP

Memancingnya juga bukan di danau atau sejenisnya, melainkan di lubang-lubang yang tergenang air di pinggir persawahan. Pada lubang-lubang tersebut tampaknya menjadi jalan bagi ikan-ikan itu.

Cara memancingnya mudah. Lubang tersebut lebih dulu dimasukkan telur yang sudah dipecahkan, kemudian tuangkan minuman bersoda ke dalamnya. Aduk genangan air pada lubang itu, maka air dalam genangan akan naik dan saat itulah ikan-ikan akan bermunculan ke permukaan dengan sendirinya.
Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman SodaFoto: Youtube Fishing KP

Baca Juga : Lubana Sengkol: Mancing Ikan Sambil Makan Gurame Saus Mangga yang Gurih Segar

Ikan-ikan yang dipancing itu merupakan jenis ikan lele. Menariknya, bukan hanya satu atau dua ikan saja, melainkan banyak. Berbeda ketika memancing dengan menggunakan kail yang cenderung memakan waktu banyak dan hanya bisa mendapatkan satu ikan saja dalam setiap sekali pancingan.

Sebanyak puluhan ikan lele yang muncul ke permukaan langsung dimasukkan ke dalam wadah. Tak main-main, ukuran ikan lelenya pun terbilang besar.

Selain menggunakan telur dan minuman bersoda, dalam video lain juga memberikan trik memancing dengan menggunakan telur dan pasta gigi. Teknik yang dilakukan masih sama seperti sebelumnya, yaitu dengan memasukkan kedua umpan tersebut ke dalam lubang dan ikan akan muncul ke permukaan.
Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman SodaFoto: Youtube Fishing KP

Video memancing dengan metode tersebut menjadi viral di media sosial. Banyak tanggapan yang diberikan oleh netizen dan diantaranya tak percaya dengan teknik memancing dengan menggunakan telur dan minuman bersoda.

"Aku gak percaya ini ide aneh tapi kok bisa?," tulis komentar netizen bernama Denzel Gilmore.

"Kenapa pepsi dan telur? apa ada penjelasan dibalik ini semua," tulis netizen lain bernama Arri Guardado.
Bukan Kail dan Jala, Ikan Dipancing Pakai Telur dan Minuman SodaFoto: Youtube Fishing KP

Seluruh komentar banyak yang menanyakan penjelasan di balik teknik memancing ini. Salah seorang netizen bernama Gian pun menjelaskan keterkaitan antara telur, minuman bersoda untuk memancing ikan melalui kolom komentar. Menurutnya, telur bisa jadi umpan yang baik untuk memancing ikan. Sementara minuman soda dapat mencekik ikan, sehingga ikan berusaha keluar dari permukaan saat soda mulai dituangkan.

Baca Juga : Yuk, Mancing Sambil Lihat Pemandangan Hijau di 5 Resto Ini!

Simak Video "Andriyanto, 'Tukang Nasi Goreng' Asal Sragen yang Berjuang di Amerika"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)