Masak Mie Instan Pakai Air Mentah atau Matang, Kamu Tim Mana?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 06 Jun 2020 11:00 WIB
Air untuk masak mie instan Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max
Jakarta -

Saat masak mie instan, netizen terbagi dalam dua kubu. Ada yang masak pakai air mentah, namun ada juga yang pakai air matang. Sebenarnya mana yang lebih baik?

Masak mie instan sejatinya mudah karena tinggal merebus mie kering hingga matang lalu mencampurnya dengan bumbu. Namun muncul perbedaan soal jenis air yang dipakai untuk merebus mie.

Hal ini jadi bahan diskusi akun Twitter @FOODFESS2 yang awalnya melempar pertanyaan, "Kalian kalo ngerebus mie pake air apa? Isi ulang atau kran". Kicauan pada 1 Juni 2020 ini langsung mendapat banyak jawaban dari netizen.

Air untuk masak mie instanAir untuk masak mie instan Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max

"Air galon wkwk ga pernah air kran :(," kata @elsaputri97. Sementara @Stnghr menjawab, "Kran air di daerahku bersih hihi." Ada juga yang menggunakan air berdasarkan jenis mie yang dimasak. "Kalo mi kuah pake air galon, kalo mi goreng air keran," sahut @septriamurnikae.

Baca Juga: 5 Cara Masak Mie Instan Agar Rasanya Lebih Enak

Bagi pengguna air mentah (air kran), mereka meyakini pada akhirnya air akan matang karena proses perebusan nanti. Sementara mereka yang memakai air isi ulang (matang) merasa lebih aman jika memakai air matang sejak awal.

Untuk mengetahui kebenarannya, detikFood (5/6) menghubungi ahli kimia sekaligus pencinta kuliner, Harry Nazarudin (Harnaz). Menurutnya penggunaan air mentah untuk merebus mie instan tidak disarankan.

Air untuk masak mie instanAir untuk masak mie instan Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max

"Air mentah kalau dipakai buat merebus mie kurang bagus, harus dibuang karena bisa berbahaya bagi kesehatan," ujar penulis Kimia Kuliner ini. Namun di sisi lain, ia menilai merebus mie instan pakai air matang sejak awal juga memiliki kekurangan.

Harnaz menjelaskan, "Kalau air matang dipakai untuk merebus mie dari awal rasanya emang cenderung kurang enak karena ada rasa dari mienya, semuanya masuk ke air." Ia justru merekomendasikan cara masak mie instan ala warung kopi alias warkop yang membuat rasanya juga lebih enak.

"Yang enak itu mie instan ala warkop karena dia pisahin air untuk merebus mienya dan mencampur bumbu," kata pria yang aktif di komunitas kuliner Jalan Sutra ini.

Baca Juga: Masak Mie Instan 200 Bungkus, YouTuber Ini Pakai Kolam Renang untuk Wadah

Air untuk masak mie instanAir untuk masak mie instan Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max

Menurut Harnaz, kunci kelezatan mie instan itu ada pada bumbunya. "Kalau bumbu ditaruh di air yg bening itu lebih enak." Dengan kata lain, lebih bagus merebus mie pakai air mentah lalu buang airnya. Kemudian pakai air panas matang untuk mencampur bumbu mie rebus.

"Pakai air panas dispenser juga bisa. Air panas dipakai untuk larutin bumbu terus baru mie dimasukkan," tambahnya. Prinsip ini berlaku untuk membuat mie rebus.

Air untuk masak mie instanAir untuk masak mie instan Foto: Getty Images/iStockphoto/guliver-max

Lantas bagaimana dengan mie goreng? "Bebas karena kuahnya kan dibuang, nggak ada pengaruhnya. Tapi kalau air mentah tetap ada risiko kontaminasi bahwa airnya belum 100 derajat tapi mie nya udah lunak, kemungkinan ada bakteri. Jadi lebih baik pakai air matang untuk merebusnya dari awal," tutup Harnaz.



Simak Video "Rahasia Membuat Mie Instan Bandeng dari Gresik"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)