Tinggal di Prancis, Anggun C Sasmi Tetap Cinta Sambal Indonesia

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Jun 2020 16:30 WIB
Anggun C Sasmi Anggun C Sasmi suka makan pakai sambal Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta -

Meski lama tinggal di Prancis, Anggun C Sasmi tetap tak bisa jauh dari sambal Indonesia. Di Instagram ia menceritakan kesukaannya pada jenis sambal ini.

Bagi orang Indonesia, makan kurang lengkap tanpa sambal. Rasa pedas pada sambal itu dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan bahkan sampai ketagihan.

Itulah yang dirasakan oleh penyanyi terkenal Anggun C Sasmi. Wanita bersuara merdu itu telah lama menetap di Prancis dan berkarir di sana.

Anggun C Sasmi dan suamiAnggun C Sasmi dan suami Foto: Instagram

Sebagai orang Indonesia, Anggun mengaku sangat menyukai sambal. Saat di negeri orang pun yang tak bisa melewatkan makan tanpa sambal dalam setiap hidangan.

Melalui Instagram, wanita kelahiran 29 April 1974 pun menceritakan kesukaannya pada sambal Indonesia. Bahkan ia juga memperkenalkan sambal khas Indonesia ke semua followersnya.

Baca Juga : Mesranya Anggun C Sasmi dan Christian Saat Makan Duren dan Seafood Bareng

"Orang Indonesia suka makan pedas. Kami suka makan hampir semuanya dengan cabai bahkan saat makan buah-buahan. Sambal pada dasarnya adalah pasta cabai yang dicampur dengan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, gula aren dan lainya," tulis Anggun (04/05).

Anggun C Sasmi suka makan pakai sambalAnggun C Sasmi suka makan pakai sambal Foto: Instagram @anggun_cipta

Indonesia sendiri memiliki jenis sambal yang berbeda-beda di setiap daerahnya, seperti sambal andaliman dari Sumatera, sambal cabe ijo dari Minang, sambal roa dari Manado, sambal colo-colo dari Sulawesi dan masih banyak lagi.

Semua jenis sambal itu memiliki ciri khas tersendiri. Dari sekian jenis sambal, Anggun mengaku suka dengan sambal matah khas Bali.

Sambal matah atau yang artinya sambal mentah terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, terasi, garam, sereh, jeruk lemo dan minyak kelapa.

Lihat postingan ini di Instagram

Sambal Matah, Indonesians love spicy food. We love to eat almost everything with chili 🌶, even fruits. Sambal is basically chili paste mixed with varieties of ingredients, shallots, garlic, palm sugar, shrimp paste etc. The results make countless types of Sambal. The taste is so addictive that some Indonesians have to eat every meal with sambal, some even say they eat sambal with food 😊. Not many foreigners can stand the spiciness of a good Sambal. Fortunately my husband has quite an adventurous palate. He happens to be an excellent cook and tonight he made us a true Sambal Matah (Balinese raw chili sauce) to accompany our dinner. We're in our country house in Normandy but tonight, it feels like we're in Bali ♥️ #SambalMatah

Sebuah kiriman dibagikan oleh Anggun Official (@anggun_cipta) pada 3 Jun 2020 jam 11:52 PDT

Dalam unggahan itu ia juga memperlihatkan cobek batu yang berisikan sambal matah. Sambal matah itu sangat spesial bagi Anggun, lantaran dibuat sendiri oleh sang suami.

Anggun mengatakan bahwa ia sangat beruntung memiliki suami yang jago masak dan memiliki selera makan yang fleksibel. Sambal matah itu dihidangkan untuk makan malam.

"Suami saja menjadi koki yang luar biasa dan malam ini membuatkan kami sambal matah untuk menemani makan malam kami. Kami berada rumah kami di Normandia, tetapi malam ini rasanya seperti berada di Bali," tulis Anggun.

Baca Juga : Selain Suka Masak, Penyanyi Anggun Juga Suka Makanan Ini



Simak Video "Usaha Sambal Pecel Jadi Cuan Saat Pandemi!"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)