Terapkan 'Social Distancing' Bartender di Bar Ini Digantikan Robot

Riska Fitria - detikFood Jumat, 05 Jun 2020 15:30 WIB
Robot bartender di bar Korea Selatan Robot bartender di bar Korea Selatan Foto: Reuters/Kim Hong-JI
Jakarta -

Menerapkan social distancing untuk antisipasi COVID-19, sebuah bar di Korea Selatan pakai robot untuk jadi bartender.

Aturan-aturan untuk menerapkan social distancing banyak dicanangkan oleh semua orang. Termasuk oleh tempat umum seperti bar yang merupakan tempat hangout banyak orang setiap harinya.

Tak kehabisan akal, sebuah bar di Seoul, Korea Selatan punya cara yang unik untuk menerapkan aturan social distancing. Bar yang dikenal dengan nama Coffee Bar K memakai robot sebagai bartendernya.

Robot bartender di bar Korea SelatanRobot bartender di bar Korea Selatan Foto: Reuters/Kim Hong-JI

Jadi robot canggih tersebut akan melayani pengunjung dengan membuatkan dan meracik minuman seperti layaknya bartender sungguhan.

Dilansir dari Fox News (04/05) robot canggih itu diberi nama Cabo. Kehadiran Cabo diharapkan dapat membantu mengurangi kekhawatiran pengunjung akan pandemi COVID-19.

Baca Juga : Canggih! Robot Pengantar Makanan Ini Bantu Warga yang Terisolasi karena Virus Corona

"Ruang bar ini biasanya dipenuhi orang, pelanggan pasti merasa cemas. Saya pikir mereka akan merasa lebih aman jika robot membuat dan menyajikan minuman daripada kita sendiri," ujar Choi Won-woo, seorang bartender manusia di bar.

Robot bartender di bar Korea SelatanRobot bartender di bar Korea Selatan Foto: Reuters/Kim Hong-JI

Robot canggih itu tidak hanya dapat membuat minuman, tetapi juga bisa membuat bola es yang bulat sempurna untuk minuman wiski.

Kecanggihan Cabo itu tidak perlu diragukan lagi, karena jenis robot ini bukan robot baru, melainkan sudah ada sejak tahun 2017 lalu.

Coffee Bar K bukan satu-satunya tempat yang memanfaatkan server bukan manusia. Sebuah kafe bernama Cafe Bot Bot Bot juga memiliki bartender yang berupa robot canggih.

Robot bartender di bar Korea SelatanRobot bartender di bar Korea Selatan Foto: Reuters/Kim Hong-JI

Menariknya lagi, robot-robot itu memiliki bentuk seperti layaknya manusia sungguhan dengan kepala, tubuh hingga lengan. Dan dengan lengannya itulah robot canggih itu membuatkan minuman untuk pengunjung.

Penggunaan robot untuk melayani pengunjung di tempat kuliner untuk aturan social distancing agaknya akan menjadi new normal untuk kedepannya.

Dengan begitu, para pengunjung tidak merasa khawatir karena tidak ada kontak langsung atau terkena sentuhan dari orang lain.

Baca Juga : Cegah Virus Corona, Robot Canggih Memasak Makanan Untuk Dokter dan Paramedis



Simak Video "Sensasi Dingin Gelato dengan Varian Rasa Unik"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/raf)