Kuliner New Normal

Benarkah Konsep Restoran Outdoor Jadi Solusi di Era New Normal?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 04 Jun 2020 15:30 WIB
Restoran outdoor Foto: iStock
Jakarta -

Restoran outdoor dengan pelanggan bersantap di luar ruangan disebut-sebut jadi solusi bagus untuk era new normal. Benarkah hal ini?

Memasuki era new normal, banyak pemilik restoran dan tempat makan lain sedang bersiap-siap untuk buka kembali. Mereka harus memikirkan berbagai protokol demi mencegah penyebaran virus Corona. Dari segi operasional maupun konsep restoran secara keseluruhan.

Salah satu protokol yang disebut efektif adalah menghadirkan area bersantap luar ruangan (outdoor). Sebab sirkulasi udara outdoor lebih baik ketimbang indoor dimana virus bisa 'terperangkap' saat perputaran udara di dalam tidak berjalan semestinya.

Restoran outdoorRestoran outdoor Foto: iStock


Dikutip dari Micky (25/5), alasan utama mengapa beberapa negara mendesak pemilik restoran memanfaatkan konsep outdoor adalah adanya keyakinan bahwa risiko penyebaran virus Corona lebih rendah saat pengunjung bersantap di luar ruangan. "Namun tidak ada studi definitif yang mendukungnya," kata Dr. Jonathan Temte.

Di sisi lain, menurut ahli epidemiologi hadir pula pemikiran-pemikiran yang mendukung konsep outdoor di restoran lebih baik. Alasan tambahannya, konsep outdoor memungkinkan adanya jarak fisik yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Cara Penataan Restoran Saat 'New Normal' Diberlakukan

Alih-alih memadatkan pengunjung di dalam ruangan (indoor), akan lebih baik jika restoran juga membuka area outdoor dimana keramaian bisa diurai. Kapasitas pengunjung mereka juga bisa bertambah.

Restoran outdoorRestoran outdoor Foto: iStock


Di Amerika Serikat, banyak wilayah sudah mengatur soal konsep outdoor di restoran. Misalnya di Boston, Cincinnati, Portland, Las Vegas, dan California dimana pemerintah setempat sudah menutup beberapa jalan dan trotoar untuk menghadirkan area outdoor restoran.

Ada juga kebijakan mempercepat penerbitan izin operasional restoran dan membebaskan biaya. Hal ini bertujuan membantu restoran yang kesulitan segera bangkit kembali.

Walikota Las Vegas, Carolyn Goodman, mengatakan, "Karena kami sedang dalam masa transisi untuk membuka kembali Las Vegas, kami ingin memastikan melakukan segala hal yang kami bisa untuk membantu bisnis kecil. Makan di area trotoar adalah cara aman dan mudah yang bisa kami bantu."

Restoran outdoorRestoran outdoor Foto: iStock


Di saat yang sama walikota Jesse Arreguin dari California mengatakan konsep makan outdoor tidak hanya membantu restoran pulih, tapi juga menopang pendapatan pajak penjualan untuk setiap negara bagian yang selama ini terdampak.

Dari sisi pemilik restoran, Jeff Gigante dari Forbici memberi tanggapan positif soal aturan konsep makan outdoor. Ia menilai ide ini bisa menyelamatkan hidup karena di dalam ruangan kini tak bisa menampung banyak pengunjung terkait aturan jaga jarak.

Baca Juga: Resto 'Mosaic' Siapkan Aturan Baru Sebulan Sebelum Buka Kembali



Simak Video "Bikin Laper: Legit Bubur Kampiun Khas Minang"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com