Cegah Corona, 7 Bagian Dapur Ini Harus Dibersihkan Setiap Hari

ADVERTISEMENT

Cegah Corona, 7 Bagian Dapur Ini Harus Dibersihkan Setiap Hari

Odilia WS - detikFood
Senin, 01 Jun 2020 09:00 WIB
Bersihkan dapur
Foto: shutterstock


5. Serbet dapur

Serbet dapur paling sering dipakai dan disentuh di dapur, sekaligus paling jorok di dapur. Semua sisa makanan dan cairan menempel dan menyerap dalam serbet. Karenanya serbet dapur harus dicuci dan diganti setiap hari.

Cara mencuci yang paling bagus adalah dengan larutan disinfektan yang hangat. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Sediakan serbet yang berbeda, untuk mengelap alat makan dan untuk membersihkan alat dapur.

Young couple cleaning kitchen together. Focus is on smiling woman.Memberishkan dapur. Foto: iStock



6. Oven dan microwave

Oven listrik, oven gas dan microwave umumnya dimiliki tiap rumahtangga. Meskipun tak setiap hari dipakai, oven wajib dibersihkan. Karena benda ini diam-diam bisa membuat Anda tak sehat.

Karena sedikit lembap bagian dalam oven seringkali ditumbuhi bakteri dan jamur. Untuk oven microwave, taruh satu mangkuk air dan seiiris jeruk nipis lalu panaskan. Matikan oven dan gunakan airnya untuk membfelap bagian dalam dan luar oven hingga bersih dan kering. Lebih baik lagi jika disemprot dengan larutan disinfektan.

Untuk oven gas dan listrik bisa dilakukan dengan mengelap bagian dalam, termasuk loyang dan raknya dengan air sabun hangat. Keringkan dan pasang kembali.

7. Lantai dan tong sampah

Seusai memasak atau berkegiatan di dapur jangan lupa selalu sapu lantai dapur dan pel hingga bersih. Segala remahan makanan dan kotoran selalu terjatuh di lantai, di sudut kompor dan meja dapur. Jangan lupa bersihkan sudut-sudutnya saat menyapu.

Selain lantai, tong sampah di dapur juga selalu dipenuhi dengan sampah basah dan kering dari bahan makanan. Seusai memasak, angkat dan buang kotoran di tong sampah dapur. Lapisi tong sampah dengan plastik atau kantong kertas. Jika perlu cuci tong sampai hingga besih dan keringkan. Setelah dikembalikan ke dapur jangan lupa semprot dengan larutan disinfektan.



Simak Video "Mulia! Warung Ini Terapkan Makan Sepuasnya Bayar Seikhlasnya"
[Gambas:Video 20detik]

(odi/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT