Kuliner New Normal

Buka Kembali, Pub di Jepang Pasang Mesin Semprotan Disinfektan

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 31 Mei 2020 19:00 WIB
Pub di Jepang Pasang Mesin Disinfektan Foto: REUTERS
FOKUS BERITA Kuliner New Normal
Jakarta -

Restoran dan pub di Jepang mulai kembali buka usai lockdown berakhir. Banyak sistem baru yang diterapkan, seperti memasang mesin semprotan disinfektan di pintu masuk pub.

Lewat tatanan new normal yang memperketat kebersihan dan kesehatan di setiap tempat termasuk restoran dan bar, banyak pengusaha kuliner yang kini mengubah sistem restoran atau bar mereka.

Baca Juga: Takut Virus Corona, Begini Cara Restoran di China Kirim Makanan Tanpa Kontak Langsung

Pub di Jepang Pasang Mesin DisinfektanPub di Jepang Pasang Mesin Disinfektan Foto: REUTERS

Dilansir dari Reuters (30/05), baru-baru ini salah satu pub izakaya bernama Kichiri Shinjuku yang ada di Tokyo memasang mesin penyemprot disinfektan untuk pengunjung yang masuk ke pub.

Berbeda dengan mesin disinfektan biasa, mesin ini dilengkapi pelayan virtual yang akan menyapa pengunjung lewat monitor yang disediakan. Pelayan ini kemudian akan mengarahkan pengunjung untuk membersihkan tangan mereka serta mengecek suhu badan lewat thermometer yang disediakan.

Setelah itu pengunjung bisa masuk ke dalam mesin yang mirip seperti alat pemindai keamanan di bandara, kemudian cairan disinfektan akan disemprotkan ke seluruh bagian tubuh pengunjung selama 30 detik.

Pub di Jepang Pasang Mesin DisinfektanPub di Jepang Pasang Mesin Disinfektan Foto: REUTERS

Untuk menerapkan social distancing atau jaga jarak, pub Kichiri juga menyediakan peta lokasi meja mereka berada. Pengunjung juga bisa memesan minuman dan makanan menggunakan ponsel mereka. Karenanya selama nongkrong di pub ini mereka tidak akan bertemu dengan orang lain.

"Kami ingin mengembangkan sistem yang sesuai dengan tatanan new normal atau gaya hidup baru. Menggunakan model teknologi tinggi yang bisa mencegah penyebaran virus, jelas ketua dari perusahaan Kichiri&Co yang mengoperasikan pub ini.

"Semuanya masih dalam bentuk eksperimen, namun setelah kami mengembangkan sistemnya kami ingin menerapkannya di semua restoran kami," lanjutnya.

Selain itu pub ini juga memasang sekat akrilik transparan di setiap meja untuk mencegah penyebaran virus. Sistem ini mendapatkan banyak pujian adri pelanggan setiap pub Kichiri.

Pub di Jepang Pasang Mesin DisinfektanPub di Jepang Pasang Mesin Disinfektan Foto: REUTERS

"Saya merasa lebih aman. Namun berdiri di dalam mesin penyemprot selama 30 detik menurut saya terlalu lama," komen salah satu pengunjung Kichiri.

Kichiri dikabarkan mengeluarkan uang sekitar 700,000 yen (Rp 96 juta) untuk memasang mesin penyemprot ini di pub mereka yang ada di Osaka. Selama pemerintah kota Osaka belum mengangkat lockdown, mesin disinfektan ini masih disimpan di Tokyo.

Baca Juga: 5 Cara Aman Belanja Bahan Makanan, Perlukah Pakai Sarung Tangan?



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Kuliner New Normal